Penjadwalan Proses - Metode Future Knowledge

Oke guys, kali ini saya mau membahas mengenai penjadwalan proses yang saya pelajari dalam mata kuliah Sistem Operasi. Lebih fokusnya sih kepada metode future knowledge. Sebelum membahas secara lebih lanjut, kita cari tahu dulu pengertian penjadwalan proses.

Penjadwalan proses merupakan kumpulan kebijaksanaan dan mekanisme di sistem operasi yang berkaitan dengan urutan kerja yang dilakukan sistem komputer. Adapun penjadwalan ini bertugas untuk memutuskan :
a. Proses yang harus berjalan
b. Kapan dan selama berapa lama proses itu berjalan

Lalu apa itu metode future knowledge yang Anda sebut tadi?
Jadi gini, di dalam penjadwalan proses ini terdapat beberapa algoritma. Diantaranya ada FCFS(First Come First Serve), SJF(Shortest Job First) yang terdiri dari SJF preempsi dan non preempsi, kemudian Future Knowlege, dan Round Robin. Dimana dari algoritma algoritma diatas mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing.
 
Di dalam metode Future Knowlege ini pertama tama diberikan waktu toleransi atau waktu tunggu awal. Jika proses pertama datang sebelum waktu tunggu tadi selesai, maka proses tersebut harus tetap menunggu sampai waktu tunggu selesai.

Kemudian yang harus di perhatikan juga adalah lama prosesnya. Jika ada proses yang lebih cepat prosesnya maka dahulukan proses tersebut. Metode ini hampir sama dengan metode SJF.

Ini ada cuplikan video mengenai metode future knowledge, yang diperankan oleh saya dan teman teman. Check this out !



Oke demikian sedikit pembahasan mengenai metode Future Knowledge. Sampai jumpa di lain waktu.

Comments

  1. akhirny diposting jg jy :D
    itu yg video2ny ditugaskn jg ya??

    ReplyDelete
  2. sekarang udah punya banyak waktu kosong soalnya hehe.. iya ndra, sebenernya sih disuruh bikin animasi. tapi kelompok kami kami ingin menampilkan yang berbeda, jadilah video tersebut =D

    ReplyDelete
  3. lebih gampang di visual2 kan kyk gini, daripada pake animasi :P

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Kaskus

3 Tingkatan Cinta dan Berbagai Bentuk Cinta

Apa itu Desk Checking? Pengecekan Meja-kah?