HASH, Pastikan File ISO Anda Tidak Rusak


Semua distro Linux yang tersedia di internet itu kebanyakan formatnya berekstensi .iso . Setelah Anda download file tersebut pernahkah terpikirkan oleh Anda kalau file iso tersebut telah rusak, ya mungkin saja disebabkan karena proses download yang tidak sempurna sehingga file yang telah Anda download tadi isinya tidak sama dengan file yang asli walaupun ukuran file terlihat sama.

Yang harus diwaspadai adalah kalau file iso (yang rusak) tadi Anda install ke komputer Anda, bisa saja proses instalasi berhasil tapi sistem Operasi Anda akan terus memberikan masalah masalah yang tiada habisnya. Tentu saja kita tidak mau itu terjadi bukan.

Lalu bagaimana cara memastikan file iso yang telah kita download itu telah rusak atau tidak? Apakah cukup dengan memeriksa ukuran file saja? Tidak !! Sebuah file yang berukuran sama, sangat mungkin data didalamnya sebenarnya sudah rusak atau berubah, terutama file yang berukuran besar yang di download dari internet yang lambat.

Untuk mengatasi hal itu, para pakar telah membuat sebuah metode yang sangat hebat sekali untuk masalah semacam ini yang dinamakan sebagai metode hash.

Metode perhitungan hash inilah yang banyak digunakan untuk memastikan apakah sebuah file atau program tidak berubah karena virus atau karena proses download yang tidak sempurna. Hampir semua file iso dari distro Linux yang bersangkutan menyertakan hasil perhitungan hash pada sebuah file yang disediakan utnuk donwload sehingga orang orang yang mendownload bisa memastikan “kebenaran” file yang di downloadnya.

Contoh perhitungan HASH bisa dilakukan dengan metode MD5 (kalo yang ini pasti anda sering mendengarnya).

Lagaimana cara membuktikannya?
Di Backtrack sudah ada tools yang bernama md5sum . Langsung saja buka direktori tempat Anda mendownload file iso tersebut. Lalu ketikkan
md5sum <file_iso>
Nanti akan langsung keluar nilai MD5-nya, lalu samakkan dengan MD5-nya di situs yang bersangkutan.

Dan ternyata nilai MD5 yang diberikan, telah sama dengan informasi yang diberikan oleh website tempat donwload file .iso tadi. Artinya file yang telah Anda download tadi berhasil di download dengan sempurna tanpa cacat sedikitpun.

Saatnya saya mengatakan.... SEMPURNA....

Referensi : Jasakom

Comments

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran