Posts

Showing posts from November, 2010

Membuat Jam Digital pada VB

Image
Anda tau kan jam digital? Pertanyaan macam apa ini. Hehe. Ya pada tulisan saya kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat program jam digital dengan menggunakan visual basic 6.0 . caranya sangat mudah loh. Kita hanya menggunakan toolbox shape, line, dan pastinya timer.
Langkahnya yaitu. Pertama anda buka dulu program visual basic. Lalu klik ganda icon combo box dan icon timer pada toolbox. Setelah itu ubah interval timer nya menjadi 500 pada jendela properties yg ada disebelah kanan. Nah selanjutnya kita mulai masukan sebuah komponen shape, sebuah komponen line, dan empat buah komponen labels ke dalam form. Oia dikomponen line tadi itu kita ubah border widthnya menjadi 10, lalu pada komponen labelnya yg ada 4 buah tadi kita ganti alignment nya menjadi 2-center, autosizenya menjadi true, backstyle nya menjadi 0-transparent, dan juga pada komponen shape kita ganti backstyle nya menjadi 1-opaque dan backcolornya ganti menjadi warna kuning(warna apa aja boleh kok hehe).

Merubah Tampilan pada VB 6.0

Image
Anda pingin tidak dalam lembar kerja visual basic anda terlihat fullscreen pada saat di jalankan, seperti gambar diatas ini. Ternyata ada caranya loh teman-teman, caranya juga cukup mudah lagi. 
Pertama anda buka program visual basicnya terlebih dahulu (yaiyalah so pasti itu mah hehe). Lalu setelah itu klik menu tools yg berada di sebelah atas agak ke kanan, lalu kita klik menu sub options. Nah pasti nanti akan muncul jendela baru yg bernama options kan. Setelah itu kita aktifkan tab advanced. Beri tanda cek di SDI Development Environment, kemudian kita klik ok. Lalu akan muncul kotak pesan yg isinya “MDI/SDI option change will take effect the next time the Development Environment is started.”. Maksudnya adalah perubahan yg kita lakukan tadi itu dapat kita lihat setelah kita merestart program visual basic ini. Lalu klik ok. Setelah itu restart program visual basicnya. Lalu lihatlah perubahan yg terjadi. Bagus tidak?? Kalo bagus boleh dong gan cendolnya. :kaskusmodeon hehehe.

Ayah

Image
Aku sebenarnya bingung menulis ini.
Disaat orang-orang banyak mengirim surat tentang seorang ibu, aku hanya terfikir pada ayahku saja.
Ingin sekali merangkai kata indah sedikit demi sedikit untuk ayah. Walau tak akan indah seperti penyair puisi, tapi aku anakmu membuat ini dari hati yang paling dalam :)

Ibu pernah bilang betapa sakitnya saat melahirkanku
Saat ibu harus berjuang untuk mengajakku masuk ke dunia ini
Tapi aku tau ayah..
Walau kau tak pernah bilang padaku..
Aku tau sebenarnya kau lebih sakit dari seorang ibu..
Menahan rasa takut...
Karena dua orang yang engkau sayang sedang berada di dalam ruangan yang seram..

Asal Mula Blog

Anda pasti tahu blog kan? Ya yang ini yang sedang anda baca ini adalah salah satu  tulisan yang ada di blog saya. Apakah anda tahu asal mula blig? Istilah blog ini sendiri ini berasal dari 2 kata , yaitu web blog. Jadi blog itu bisa diartikan sebagai catatan, diary, atau tulisan apapun dimana tulisan ini nanti akan dipublikasikan di dalam sebuah website.
Blog yang sekarang  atau bisa juga disebut blog modern ini merupakan pengembangan dari online diary yang ada pada tahun 1994. Online diary ini adalah sebuah diary seseorang yang dipublikasikan melalui internet.
Pada online diary ini sesorang diperbolehkan menulis tentang apa saja bisa tentang curhatan, puisi, ataupun pemikiran lainnya. Dan juga online diary ini tentunya diperuntukkan supaya orang lain dapat membacanya.

I’m feeling lucky

I’m feeling lucky yang bisa juga diartikan saya lagi beruntung, ini merupakan sebuah fasilitas di mesin pencari google yang digunakan untuk menuju ke halaman pertama yang ditemukan oleh google ini(berarti nanti anda tidak akan melihat hasil pencarian yang lainnya). hebat ya si mbah google ini hehehe
Misalnya anda mengetik “universitas gunadarma” pada kotak pencarian, lalu klik tombol  "I’m feeling lucky". Maka nanti anda akan diarahkan langsung ke alamat situs resmi universitas gundarma tersebut. Yang beralamat di http://www.gunadarma.ac.id/
Fasilitas ini mungkin dimaksudkan si google ini untuk mempersingkat waktu kita dalam mencari informasi tentang hal hal yang ingin kita cari, dan juga membuat kita jadi fokus melihat suatu halaman yang kita maksud tadi. Salut deh sama mbah google.  :) hehehehe

Teknik Bernyanyi dengan Baik

Image
Seorang penyanyi itu harus bisa mengatur kontrol nada atau pitch control pada saat bernyanyi. Ini merupakan langkah yang sangat penting, supaya suara suara yang kita keluarkan itu menjadi enak di dengar, dan juga supaya terhindar dari nada nada yang fals. (Saya sendiri juga lagi belajar bernyanyi dengan baik juga loh. Mari sama sama belajar hehehe). Ada beberapa faktor yang menyebabkan nada nada fals tersebut muncul.
Kemampuan bermusik Tuhan itu menciptakan makhluknya dengan berbagai kemampuan dan kharasteristiknya masing masing. Ada yang memiliki talenta bermusik yang baik dan ada juga yang tidak. Untuk yang memiliki talenta bermusik yang baik, seseorang itu tinggal mengikuti latihan intensif, lalu dia akan lebih mudah mengusasai dan mengontrol nada dalam bernyanyi tanpa fals sedikitpun. Lain halnya dengan yang tidak memiliki talenta dalam bermusik, seseorang itu akan cukup sulit dalam menjaga dan mengontrol nada dalam bernyanyi.

Tips merawat “acoustic guitar”

Gitar juga manusia. Hehe. Kata kata ini sepertinya pantas sekali diberikan untuk alat music yang satu ini. Mengapa?? Ya karena gitar juga butuh perawatan loh seperti manusia. :D (sebenarnya gak hanya gitar sih, alat music yang lainnya juga butuh perawatan sih pastinya). Dalam tulisan saya kali ini saya akan membahas bagaimana sih cara merawat gitar yang baik.
Bersihkan senarMembersihkan senar itu penting loh bila kita telah selesai bermain gitar. Membersihkannya biasakan dengan menggunakan kain katun yang lembut dan menggunakan minyak pemberih khusus.  Gunanya membersihkan senar ini adalah mencegah senar biar gak gampang karatan aja. Coba aja kalo agan agan main gitar yang senarnya karatan. Enak gak??
Bersihkan fretboardFretboard adalah papan jari yang ada di leher gitar. Fretboard ini juga harus dibersihkan loh, supaya kotoran kotoran yang ada pada jari kita saat menempel pada fretboard tersebut hilang.
Ganti senarBiasakanlah ganti senar secara berkala,  kalo kata teman saya ya biasakan…

Langkah mudah membuat blog di www.blogger.com

Untuk membuat blog di blogger itu sangatlah mudah. Kita hanya diwajibkan memiliki alamat email. Email yg digunakan itu sebaiknya dari google itu sendiri(disebut juga gmail) ataupun layanan email yang lain, seperti yahoo mail, hotmail, dan lain sebagainya.. Langsung saja saya sebutkan langkahnya. :D
Buka situs blogger (http://blogger.com).Klik “BUAT BLOG”. Lalu kita isi kolom yang tersedia seperti alamat email, password, nama dan ulang tahun si pembuat blog. Dan beri tanda ‘ceklis’ pada saya menerima persyaratan dan layanan serta masukkan kode yang ditampilkan pada kolom yang telah disediakan. Setelah itu kita klik “LANJUTKAN”.Pada jendela ini, kita beri nama blog kita dan juga alamat urlnya. Kita dipersilahkan mengecek terlebih dahulu, apakah url yang akan kita gunakan nanti itu belum dipakai apa sudah dipakai oleh orang lain. Jika sudah dipakai oleh orang lain kita harus mencobanya sampai url kita itu diterima.Jika kita membuat aku di blogger ini menggunakan email dari google, maka k…