Tuesday, June 7, 2011

Apa itu Backtrack ?


Bagi sebagian orang mungkin sudah ada yang tahu, dan juga bagi sebagian orang yang lain mungkin ada yang tidak. Pasti anda pernah mendengar nama nama seperti RedHat, Ubuntu, Fedora, OpenSuse, LinuxMint dan sebagainya. Backtrack merupakan salah satu dari distro linux namun bukan distro umum yang dikenal selama ini. Jika distro linux seperti nama nama diatas (RedHat, Ubuntu, dkk) itu kita ibaratkan sebagai dokter umum, maka backtrack ini adalah dokter spesialis.

Kok Dokter spesialis ? Apa yang menyebabkan Backtrack itu spesial dibanding yang lainnya?

Iya distro linux yang satu ini memang dirancang untuk masalah security, dan untuk digunakan oleh para security profesional (dan juga hacker). Didalam Backtrack itu sudah disiapkan ratusan software security yang sudah siap untuk digunakan. Jadi keuntungannya anda tidak perlu lagi mendownloadnya satu persatu, menginstallnya satu persatu, dan mengalamai berbagai kesulitan pada saat instalasinya. Jumlah software yang disertakan dalam BackTrack ini bahkan melebihi 300 buah ! Alasanseperti inilah yang membuat distro BackTrack sangat terkenal dikalangan para hacker.

Backtrack juga banyak digunakan oleh para security profesional dalam melakukan pekerjaan profesionalnya seperti melakukan penetration testing (pentest) atau testing kelemahan komputer client, dan tentu saja hacker jahat (cracker) juga tidak ketinggalan menggunakan distro linux yang satu ini.

Distro Backtrack ini sebenarnya mempunyai sejarah cukup panjang. Sebelum terciptanya Backtrack, kesadaran akan kesulitan dalam mengoleksi tools security ini telah membuat para security profesional menciptakan sistem operasi yang siap digunakan, sebuah sistem operasi yang telah terinstall dengan software software yang sering digunakan.

Sejarah Backtrack

WHOPPIX adalah sebuah distro linux khusus untuk kalangan security profesional yang dibuat berdasarkan distro KNOPPIX, sebuah distro LiveCD yang artinya bisa dijalankan langsung dari CD tanpa harus menginstallnya ke dalam harddisk. Pada versi 3.0, WHOPPIX yang juga mengambil berbagai exploit dari Securityfocus, Packetstorm, SecurityForest, dan Wilmw0rm ini merubah namanya menjadi WHAX. Pergantian nama ini dilakukan lantaran sistem operasi dasar yang digunakan bukan lagi KNOPPIX namun SLAX yang dianggap lebih modular dan mudah untuk dikutak-katik.

WHAX yang merupakan singkatan dari White Hat and SLAX ini merupakan hasil kerja dari seseorang konsultan security dari israel bernama Mati Aharoni yang memang membutuhkan distro spesial semacam ini dalam pekerjaan sehari harinya.

Pada waktu yang bersamaan, WHAX bukanlah satu satunya distro spesial pake telor ini yang digunakan oleh para security professional. Auditor Security Collection merupakan distro dengan tujuan yang sama persis dengan WHAX dengan kumpulan softwarenya yang sangat banyak. Sama seperti WHAX, Auditor yang dibuat berdasarkan distro KNOPPIX ini juga bisa dijalankan langsung dari CD. Auditor terkenal dengan banyaknya tools atau software software siap pakainya yang jauh lebih banyak daripada WHAX.

Sama sama merupakan LiveCD, sama sama mengumpulkan tools hacking yang siap digunakan, sama sama ingin memudahkan pekerjaan sebagai seorang pakar keamanan, sama sama mempunyai tujuan yang sama maka seperti yang sudah Anda perkirakan, kedua distro ini akhirnya memutuskan untuk kawin, bergabung menjadi satu.

Pada tanggal 26 Mei 2006, Backtrack versi 1.0 dilepas ke publik setelah team pengembang berhasil menggabungkan kedua distro ini menjadi satu.

Rilis Backtrack 

26-05-2006 rilis backtrack pertama kali yang merupakan versi non beta 1.0
13-10-2006 backtrack 2 beta pertama untuk publik di rilis
19-11-2006 backtrack 2 beta kedua untuk publik di rilis
06-03-2007 backtrack 2 final dirilis
17-12-2007 backtrack 3 beta pertama dirilis
19-03-2008 backtrack 3 final dirilis
11-02-2009 Backtrack 4 first beta release (Backtrack sekarang berbasis Debian)
19-06-2009 BackTrack 4 pre-final release.
09-01-2010 BackTrack 4 final release.
05-08-2010 Backtrack 4 R1 release
10 - 05 - 2011 backtrack versi 5 final dirilis


backtrack 2

backtrack 3

backtrack 4

backtrack 5
See more : 
buku jasakom : backtrack 2 panduan untuk pemula

5 mahisaajy: Apa itu Backtrack ? Bagi sebagian orang mungkin sudah ada yang tahu, dan juga bagi sebagian orang yang lain mungkin ...

2 comments:

< >
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...