Mengganti Alamat MAC (MAC Address) di Backtrack


Gambarnya salah nih, ini kan GnackTrack.

Dalam tulisan saya kali ini, saya mau menyinggung sedikit seputar MAC Address atau alamat MAC dari suatu komputer. Dan juga tentang bagaimana caranya melewati proteksi MAC filtering dari suatu AP (Access Point).

MAC (Media Access Control) adalah alamat unik card yang telah ada di dalam card tersebut. MAC sering juga disebut sebagai alamat fisik card karena alamat ini dibuat oleh pabrik berdasarkan aturan aturan tertentu sehingga alamat ini tidak bentrok baik dalam pabrik yang sama maupun pabrik yang berbeda.

Awalnya pasti kita berfikir bahwa membatasi client berdasarkan MAC Address ini dirasa lebih aman karena alamat MAC dianggap sudah ada secara fisik di dalam adapter dan tidak bisa dirubah. Dan ternyata itu TIDAK (sepenuhnya) BENAR.

MAC yang sudah ada di dalam adapter secara fisik memang benar tidak bisa dirubah, kecuali anda mau merubah firmware anda. Namun secara virtual hal tersebut dengan MUDAH bisa dilakukan.

Di backtrack sudah ada program yang bisa digunakan untuk mengganti alamat MAC ini. Namanya macchanger.

Namun sebelumnya anda harus mengetahui adapter apa yang digunakan di komputer anda. Caranya dengan mengetikkan perintah airmon-ng di console. Lalu muncul adapternya. (Kalau di notebook saya adapternya yaitu wlan0).

Bila anda ingin mengetahui alamat MAC anda, bisa diketahui dengan mengetikkan perintah ifconfig adapter_anda. (contoh : ifconfig wlan0). Nah kan bisa dilihat tuh di bagian Hwaddr. Sekarang anda sudah mengetahui alamat MAC asli anda di komputer anda.

Untuk mengganti alamat MAC, langkah pertama yang harus dilakukkan yaitu nonaktifkan dulu adapter yang akan diganti. Setelah itu baru ganti alamat MAC-nya dengan macchanger. Jika sudah, aktifkan kembali adapter tersebut.

Mengganti MAC Address
macchanger --mac 00:11:22:33:44:55 wlan0

Mengganti (Secara Random) MAC Address
macchanger -r wlan0

Kita juga bisa melihat MAC Address dengan program macchanger dengan parameter --show
macchanger --show wlan0

Anda jangan khawatir, karena alamat MAC asli anda tidak akan terganti secara permanen. Karena bila anda restart baktrack, alamat MAC-pun akan kembali seperti sedia kala.

Betapa mudahnya bukan? Sudah seharusnya bagi anda yang mempunyai jaringan wireless tidak terlalu mengandalkan fitur ini (MAC Address filtering). Hati hati saja, Hacker tinggal mencari alamat MAC yang digunakan untuk melakukan koneksi dengan program seperti kismet, dan mengubah alamat MAC-nya ketika client yang “sah” sudah tidak menggunakan AP(Access Point) lagi.

Step By Step
  1. Nonaktifkan dulu adapter anda. Misalnya : airmon-ng stop wlan0
  2. Kemudian ganti alamat MAC-nya.
  3. Aktifkan kembali adapternya. Misalnya : airmon-ng start wlan0
Catatan : semua wlan0 yang saya gunakan diatas itu harus disesuaikan dengan adapter anda. Maaf saya memberikan contohnya dengan wlan0.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran