Kuliah Umum "Multimedia dan Animasi" dan "Jaringan Komputer" (Part 1)

Halooo. Apa kabar para pembaca setia blog ini. Sudah lama juga ya saya tidak bersua di blog yang sudah penuh sarang laba-laba ini. Lihat aja tuh di sekeliling halaman.. Iiihhhhh. Engga deng becanda. 

Tuh liat laba-labanya













Ohya hari ini saya baru aja mengikuti kuliah umum yang ada di kampus. Kebetulan acaranya diselenggarakan di kampus kalimalang, jadi ga perlu jauh-jauh dari rumah. Tinggal ngesot naek motor juga udah nyampe. Apalagi sekarang masih suasana Ramadhan, yang membuat saya semakin bersemangat buat ikut acara ini. Halah.. Puasa kok dijadikan alasan, ya ga? haha..

Sampe di kampus, terus saya langsung masuk ke dalem. Eh gataunya masih sepi.. Gila kepagian datengnya nih. Dan gataunya kuliah umum ini akhirnya dimulai jam 09.30, padahal di website jelas-jelas tertera jam 08.00. Telat berapa detik coba tuh? =P Seperti yang saya bilang tadi, kan masih suasana Ramadhan, maklum lah namanya juga manusia hehe

Sesampainya di ruangan, yang bertempat di ruang teather lt6, tempat duduk pun hampir terisi semua. Salut deh pokoknya buat temen-temen yang lain. Keliatannya sih antusias banget. Gatau ngincer materi kuliah umumnya atau ngincer sertifikatnya. Pokoknya salut deh..

Kuliah umum sesi 1 dimulai dengan tema "Multimedia dan Animasi". Pembicara yang hadir yaitu Budi Setiawan, dan Amiranto. 

Tadi dibahas mengenai pengertian multimedia, apasih bedanya multimedia (tanpa spasi) dengan multi media (dengan spasi). Multimedia artinya bukan banyak alat(media), melainkan banyak informasi. Informasi bisa disajikan dalam bentuk teks, gambar, suara, dan video. 

Teks       --->  Surat Kabar
Gambar  --->  Majalah
Suara     --->  Radio
Video     --->  Televisi

Teknologi handphone juga sedikit disinggung tadi. 
Teknologi 1G sampai 4G


















Setelah itu, gantian pak Amiranto yang berbicara. Beliau ini merupakan Ketua Konsorsium Indonesia In Your Hand. Indonesia In Your Hand merupakan Aplikasi Mobile yang menggunakan teknologi AR (Augmented Reality).

"Aplikasi mobile Augmented Reality “Indonesia In Your Hand” merupakan aplikasi pertama di dunia yang memiliki ribuan database obyek pariwisata seperti Taman Nasional, Museum, Cagar Budaya, Kebun Binatang Nasional serta Peninggalan Sejarah di Indonesia yang dapat dilihat hanya melalui layar di ponsel dengan menggunakan teknologi Augmented Reality." http://dir.groups.yahoo.com/group/AlumniSMPN19_82-85/message/4992

Beliau juga menunjukkan games di facebook yang sudah menggunakan teknologi AR, yaitu game tango waffle. Teknologi Augmented Reality (AR) merupakan penggabungan antara dunia virtual dan nyata yang berinteraksi dalam 3D secara realtime menggunakan internet.

Diperkirakan mungkin untuk kedepannya teknologi AR akan menjadi trend. Nah buat kita-kita nih yang lagi kuliah di bidang komputer mungkin mau mencoba belajar mengenai teknologi AR ini, ga ada salahnya kan belajar teknologi canggih kayak gini. 

Dan kuliah umum sesi 1 pun berakhir pada jam 11.30.

Untuk part 2 nya ditunggu ya. Sudah malam ikan bobo! Hehe..

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran