Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Apakah yang dimaksud dengan softskill???
Softskill adalah kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain dan kemampuan mengatur dirinya sendiri yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal. Di Wikipedia sendiri dipaparkan bahwa soft skills merupakan istilah sosiologis yang merujuk pada sekumpulan karakteristik kepribadian, daya tarik sosial, kemampuan berbahasa, kebiasaan pribadi, kepekaan/kepedulian, serta optimisme. Soft skills ini melengkapi hard skills yang bisa dikatakan juga sebagai persyaratan teknis dari suatu pekerjaan.

Softskill itu merupakan pengembangan dari kecerdasan EQ yang dimiliki oleh tiap manusia dan juga perlu ditumbuhkan dalam diri kita masing-masing agar kita dapat memotivasi diri dan orang lain, bertanggung jawab, membangun relasi, berlomunikasi, negosiasi, beradaptasi dengan lingkungan, berekreasi, berinovasi dan berwirausaha, memimpin, membangun kerjasama, mengelola sumber daya dan lain sebagainya,

Softskill itu memiliki 2 kategori.
  1. intra-personal skill (keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri). misalnya tanggung jawab, kepercayaan diri, kemampuan bersosialisasi, manajemen (pengendalian) diri, dan integritas atau kejujuran.
  2. inter-personal skill (keterampilan dalam berhubungan dengan orang lain). misalnya berpartisipasi sebagai anggota kelompok, mengajar (berbagi pengetahuan) ke orang lain, melayani pelanggan, kepemimpinan, kemampuan negosiasi, dan bisa bekerja dalam keragaman.

Contoh-contoh softskill antara lain:
  1. kejujuran
  2. berlaku adil
  3. bertanggung jawab
  4. kemampuan bekerja sama
  5. kemampuan beradaptasi
  6. hormat terhadap sesama
  7. kemampuan mengambil keputusan
  8. kemampuan memecahkan masalah

Apakah yang dimaksud dengan hardskill ???
Hardskill adalah penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya.

Contoh-contoh hardskill antara lain:
  1. penguasaan pengetahuan
  2. memiliki skill khusus

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa, :
Setiap pekerjaan/profesi itu dituntut memiliki hard skill, dengan catatan soft skill juga dipergunakan dengan baik dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Dan alangkah baiknya bila kita menyeimbangkan antara softskill dan hardskill, itu bisa membuat kita mengalami sukses lebih cepat bila dibandingkan kesuksesan yang hanya ditunjang oleh salah satu factor tersebut.

Demikianlah penjelasan dari saya mengenai soft skill dan hard skill semoga bermanfaat bagi kita semua.
BY            : MAHISA AJY KUSUMA
NPM         : 14110180
CLASS     : 1KA25
JURUSAN: S1 SISTEM INFORMASI
 UNIVERSITAS GUNADARMA



Comments

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Keadilan dan Kejujuran