ILMU SOSIAL DASAR

ILMU SOSIAL DASAR
Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah masalah sosial yang khususnya diwujudkan oleh masyarakat indonesia dengan menggunakan pengertian pengertian (fakta, konsep teori) yang berasal dari bermacam macam bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu ilmu sosial (yaa seperti sejarah, ekonomi, sosiologi, dan antropologi). Ilmu sosial dasar bukan gabungan dari ilmu sosial dasar yang dipadukan, karena ilmu sosial dasar tidak memiliki objek dan metode ilmiah tersendiri dan juga ia tidak mengembangkan suatu penilitian sebagaimana suatu disiplin ilmu seperti ilmu-ilmu sosial diatas. Ilmu sosial dasar merupakan suatu bahan studi atau program pekerjaan yang khusus dirancangan untuk kepentingan atau pengerjaan yang di Indonesia diberikan di perguruan tinggi.

Tujuan mempelajari Ilmu Sosial Dasar adalah sebagai berikut : 1. Memahami dan menyadari kenyataan-kenyataan social dan masalah-masalah yang ada didalam masyarakat 2. Dapat menyelesaikan masalah sosial yang ada di masyarakat dengan menggunakan aturan ilmu sosial 3. Menyadari bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat slalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya dan mempelajarinya secar kritis dan interdisipliner

RUANG LINGKUP PEMBAHASAN ILMU SOSIAL DASAR
1.      Adanya kesatuan sosial lain dan keragaman golongan dalam masyarakat 2.      Adanya berbagai aspek masalah sosial yang dapat ditanggapi dengan pendekatan diri sendiri. 3.      Kehidupan sosial dan masyarakat 4.      Studi lembaga-lembaga sosial
Berdasarkan ruang lingkup tersebut dalam ilmu sosial dasar, kita akan mempelajari Ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengatasi masalah soaial seperti pengurangan kemiskinan dan ketidakmakmuran masyarakat yang dialami oleh masyarakat perdesaan maupun perkotaan, mempelajari hubungan antar negara dan warga negara, dan mempelajari berbagai masalah kependudukan dan kebudayaan.

ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
ISD dan IPS kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan. Adapun persamaannya adalah: 1.    Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program perndidikan atau pengajaran 2.    Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri 3.    Deduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah social Adapun perbedaan antara keduanya adalah : 1.    ISD diberikan di perguruan tinggi, sedangkan IPS diberikan di SD, SMP, SMA. 2.    ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkanIPS merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran. 3.    ISD diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan IPS diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.

sumber: buku MKDU Ilmu Sosial Dasar
penerbit:GUNADARMA

Comments

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran