Tips Aman Menggunakan Komputer Publik


Pada suatu waktu pasti kita akan menggunakan komputer public, entah itu gara-gara komputer pribadi kita rusak atau juga untuk iseng mengisi waktu luang.

Saya akan memberikan tips supaya kita bisa bermain aman walaupun menggunakan komputer public. Ini dia tipsnya. Eng-ing-eng. XDDD


Pertama, janganlah pernah menyimpan password Anda. Resiko ini sangat tinggi karena mungkin username ataupun password anda bisa dicuri oleh seseorang yang menggunakan komputer yang sama. Apalagi web browser sekarang banyak yang sudah bisa mengingat apa yang user tersebut ketikkan ke dalam browser.

Kedua, jangan menyimpan file ke dalam komputer.
Jika anda sedang menggunakan komputer yang bukan milik anda, sebaiknya anda bersikap sopan dengan tidak menyimpan file anda ke komputer tersebut, walaupun komputer milik teman. Cara aman untuk melindungi data ini adalah dengan menyimpannya ke flash disk.

Ketiga, hapuslah history.
Ini adalah langkah yang harus wajib penting dilakukan untuk melindungi privasi dari user pada saat surfing. Selain history ada juga yang penting yang harus diperhatikan untuk melindungi privasi, yaitu temporary internet files dan cookies. Alangkah baiknya jika kita sudah selesai browsing di komputer public kita langsung menghapus history, temporary internet files, dan cookies nya.

Keempat, lihatlah sekeliling anda.
Maksudnya adalah perhatikan orang di sekeliling anda dan lihatlah apakah ada kamera pengawas atau tidak. Usahakan janganlah membuka file penting yang tidak boleh dilihat oleh orang lain. Tutupi tangan anda pada saat mengisikan password.

Usahakan tips tips dari saya ini dipakai pada saat anda sedang menggunakan komputer public. Salam depapepe yaa semuanya. Hehehehehehehheehehhe. :p

Comments

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran