Tips merawat “acoustic guitar”


Gitar juga manusia. Hehe. Kata kata ini sepertinya pantas sekali diberikan untuk alat music yang satu ini. Mengapa?? Ya karena gitar juga butuh perawatan loh seperti manusia. :D (sebenarnya gak hanya gitar sih, alat music yang lainnya juga butuh perawatan sih pastinya). Dalam tulisan saya kali ini saya akan membahas bagaimana sih cara merawat gitar yang baik.

  • Bersihkan senar
Membersihkan senar itu penting loh bila kita telah selesai bermain gitar. Membersihkannya biasakan dengan menggunakan kain katun yang lembut dan menggunakan minyak pemberih khusus.  Gunanya membersihkan senar ini adalah mencegah senar biar gak gampang karatan aja. Coba aja kalo agan agan main gitar yang senarnya karatan. Enak gak??

  • Bersihkan fretboard
Fretboard adalah papan jari yang ada di leher gitar. Fretboard ini juga harus dibersihkan loh, supaya kotoran kotoran yang ada pada jari kita saat menempel pada fretboard tersebut hilang.

  • Ganti senar
Biasakanlah ganti senar secara berkala,  kalo kata teman saya ya biasakan ganti senar itu 6 bulan sekali. Ganti senarnya satu paket loh(langsung 6 senarnya diganti semua) bukan eceran. Hehehehe.

  • Kendorkan senar
Sesudah bermain gitar usahakan senar langsung kita kendorkan, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Gunanya biar senar kita tuh jadi awet.

  • Taruh gitar pada tempatnya
Menaruh gitar itu janganlah di sembarang tempat. Taruh lah pada tempatnya. Bisa pada soft case dan hard case.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran