Teknik Bernyanyi dengan Baik


Seorang penyanyi itu harus bisa mengatur kontrol nada atau pitch control pada saat bernyanyi. Ini merupakan langkah yang sangat penting, supaya suara suara yang kita keluarkan itu menjadi enak di dengar, dan juga supaya terhindar dari nada nada yang fals. (Saya sendiri juga lagi belajar bernyanyi dengan baik juga loh. Mari sama sama belajar hehehe). Ada beberapa faktor yang menyebabkan nada nada fals tersebut muncul.

  • Kemampuan bermusik
Tuhan itu menciptakan makhluknya dengan berbagai kemampuan dan kharasteristiknya masing masing. Ada yang memiliki talenta bermusik yang baik dan ada juga yang tidak. Untuk yang memiliki talenta bermusik yang baik, seseorang itu tinggal mengikuti latihan intensif, lalu dia akan lebih mudah mengusasai dan mengontrol nada dalam bernyanyi tanpa fals sedikitpun. Lain halnya dengan yang tidak memiliki talenta dalam bermusik, seseorang itu akan cukup sulit dalam menjaga dan mengontrol nada dalam bernyanyi.

  • Range vocal penyanyi
Maksudnya range vocal itu adalah jarak antara nada dari satu interval ke interval yang lain. Manusia itu pada umumnya memiliki 2 interval nada, namun ada juga yang memiliki 6 – 8 interval nada. Dimana satu interval nada itu terdiri dari nada do – re – mi – fa – sol – la – si.

  • Penguasaan teknik vocal
Ada beberapa cara lohh untuk menghindari nada nada fals. Diantaranya itu dengan menggunakan teknik falseto dan cop stamp. Kedua cara ini sebenarnya itu hampir sama. Yaitu dengan menggunakan nada nada palsu ketika menemui nada nada tinggi. Biasanya teknik ini digunakan bagi para penyanyi atau vokalis yang memiliki range vokalnya pendek. 

  • Sulit atau mudahnya sebuah lagu 
Lagu itu memiliki tingkat kesulitan yang berbeda beda loh. Ada yang memiliki 4 chord, 5 chord, bahkan sampai puluhan chord. Namun ada juga yang hanya memiliki 2 chord saja. Untuk lagu yang agak mudah( hanya memiliki 2 chord saja) biasanya agak gampang dalam mengatur nada nada di dalam lagu tersebut. Sebaliknya, untuk lagu yang relative sulit biasanya agak susah dalam mengatur penguasaan vokalnya. Maka dari tu dibutuhkan latihan yang extra keras supaya mendapatkan kualitas suara yang bagus dari lagu tersebut.

    • Faktor eksternal
    Nah ini dia yang terakhir. Selain factor internal, factor eksternal juga bisa menyebabkan nada nada fals pada saat bernyanyi, seperti sound systemnya. Jika tidak didukung dengan sound system yang memadai, pasti seoarang penyanyi itu akan mengalami kesulitan mengontrol nada dalam menyanyikan sebuah lagu.

    Comments

    Popular posts from this blog

    Jenis - Jenis Tanggung Jawab

    Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

    Keadilan dan Kejujuran