Melindungi Laptop


Tulisan saya kali ini, saya akan membahas tentang cara cara melindungi laptop dari user user yang mempunyai sifat ISENG dan JAHIL. Karena bisa mengakibatkan data data penting anda serta privacy anda yang ada diketahui oleh orang banyak, dan sudah pasti anda menjadi malu pada nantinya. Dan juga jika laptop user berada di tangan yang salah, maka ini bisa menjadi ancaman besar bagi anda (dan perusahaan anda), karena terdapat data data penting didalamnya. Berikut yang dapat dilakukan untuk melindungi laptop, (perusahaan), data, dan reputasi anda :
  • Enkripsi isi harddisk
Enkripsi maksudnya membuat data data anda yang berada di harddisk menjadi tidak bisa dibaca. Dan hal ini sangat berguna sekali apabila laptop anda hilang entah kemana, dan anda tidak ingin data yang ada di laptop tersebut bisa diketahui oleh siapapun. Maka lindungilah dengan cara mengenkripsi hardisk, bisa menggunakan software software enkripsi yang beredar di internet.
  • Instalasi software pelacak
Instalasilah software yang bisa melacak lokasi dimana laptop anda berada bila laptop anda dicuri, dan tentu saja anda menginginkan laptop kesayangan anda kembali. Biasanya setiap kali computer terhubung ke internet, ia melaporkan ke pabrikan software. Jika computer dilaporkan hilang atau dicuri, pabrikan akan memberitahu kepada pihak terkait (si empunya laptop).
  • Instalasi antivirus dan antispyware plus firewall
Instalasi ini berguna untuk menghalangi pencurian data data kita oleh virus virus dan spyware tentunya, sehingga komputer kita menjadi “sedikit” lebih aman. Tapi cara ini memang tidak menjanjikan karena hacker hacker bisa saja membobol computer kita, walau kita sudah membuat proteksi banyak lapis. Tapi setidaknya install saja antivirus dan antispyware plus firewall, dan jangan lupa meng-udate-nya.
  • Ikat laptop dengan kabel dan gembok
Bila laptop sedang tidak kita bawa, dan ditinggal di meja kerja, kamar hotel, rumah, dan sebagainya, usahakan saja laptop tersebut kita proteksi. Dengan menggunakan kabel dan gembok sehingga anda bisa menguncinya ke kaki meja misalnya. Meskipun ini tidak seratus persen melindungi laptop anda dari pencuri, tapi sebagian besar dari mereka akan pergi jika sasarannya tidak mudah. Setiap rintangan yang anda pasang akan mempersulit pencuri.
  • Tetap up-to-date
Meskipun update sering muncul, menjaga semua software yang anda punya dan tetap up-to-date itu sangatlah penting. Sejumlah patch di desain untuk memperbaiki bugs yang bisa membuat computer anda dieksploitasi. Lakukan update otomatis sehingga patch langsung dipasang begitu mereka tersedia.
  • Gunakan password yang kuat
Password memang merupakan cara yang paling umum untuk melindungi sesuatu di dunia computer, termasuk di laptop. Gunakanlah password yang tidak mudah ditebak, jangan gunakan kata kata yang sudah ada di kamus, dan terakhir jangan berikan password anda kepada siapapun !
  • Gunakan jaringan wireless secara hati hati
Anda harus berhati hati bila anda berinternet dengan menggunakan jaringan wireless. Jaringan wireless tidaklah aman karena setiap user yang berada didalamnya bisa saja mencuri data data anda. Dan jika keamanan informasi merupakan hal yang utama, gunakan jaringan wireless yang dilindungi dengan WPA atau WPA2. Ini memang bukanlah solusi yang sempurna, tapi jauh lebih baik disbanding hanya menggunakan WEP. 
  • Disable service yang tidak di butuhkan
Setiap service yang dijalankan pada laptop bisa meningkatkan serangan ke laptop anda, terutama pada service yang menggunakan port tertentu. Supaya laptop lebih terlindung, disable saja semua service yang tidak di butuhkan dalam pekerjaan anda.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran