Registry Windows





Dalam tulisan saya kali ini, saya akan membahas seputar registry. Bagi pengguna windows mungkin tahu mungkin juga tidak tentang registry. Tugas dari registry ini adalah mengendalikan hampir seluruh fungsi dari sistem operasi windows. Dari tugasnya si registry saja bisa kita simpulkan bahwa registry windows ini mempunyai peranan yang sangat vital. Ya bila kita yang pemula mencoba mengotak atik dan tidak punya pengetahuan mendasar tentang registry ya mungkin saja bisa fatal akibatnya terhadap windows yang kita gunakan. Alangkah baiknya kita mengetahuinya walaupun sedikit. Langsung saja.

Registry secara global terdiri dari atas enam kategori informasi. Bagian ini dikenal dengan kunci induk (root keys). Kunci induk ini seperti kontainer data. Ia dapat berisi data nama value (value name) dan nilainya (value), juga dapat berisi kunci (key) atau kunci anak / anak kunci (subkey). Dengan metode hierarki inilah, registry dapat dikelola dengan baik.

Sudah mulai tahu kan sedikit sedikit. Hmm. Mungkin istilah key dan subkey ini agak sedikit membingungkan. Saya ambil cara gampangnya ya, kita misalkan saja dengan pengelolaan folder pada disk. Pada suatu disk dapat dibuat beberapa direktori (folder). Ini sama saja dengan root keys, jika dianalogkan. Direktori dapat terdiri dari beberapa subdirektori (subfolder), hal ini sama dengan key. Subdirektori dapat terdiri dari beberapa subsubdirektori (subsubfolder), nah ini sama dengan subkey. Demikian seterusnya sehingga akan terbentuklah suatu struktur hierarki.

Kebanyakan orang menyebut root keys ini dengan handle keys. Disingkat  dengan HKEY. Struktur HKEY jika dilihat dengan program pengedit registry (regedit = registry editor) secara global adalah sebagai berikut. 



·         HKEY_CURRENT _USER
Merupakan root dari informasi konfigurasi untuk pemakai yang sedang aktif. Folder pemakai, screen colors, dan Control Panel akan disimpan disini. Informasi disini sering direferensi sebagai user profile.
Jadi, ia merupakan hkey yang menyimpan pengaturan individual dari setiap pemakai yang memakai sistem operasi windows.

·         HKEY_USERS
Berisi root dari seluruh user profile yang ada pada computer, jadi secara implisit, HKEY_CURRENT_USER adalah subkey dari HKEY_USERS.
Pengaturan ini merupakan pengaturan tertentu dipakai oleh pemakai, seperti layout desktop, dan pengaturan aplikasi aplikasi yang dipakainya. Bagian ini, seperti telah disinggung di muka, akan menyimpan seluruh data user. Sedangkan HKEY_CURRENT_USER akan merujukpada HKEY_USERS untuk mendapatkan pemakai yang aktif.

·         HKEY_LOCAL_MACHINE
Berisi informasi konfigurasi yang sudah pasti pada computer dan ini berlaku bagi semua user.
Hkey ini merupakan hkey yang menyimpan pengaturan global dari computer yang terkait dengan perangkat keras dan perangkat lunak.

·         HKEY_CLASSES_ROOT
Kebanyakan informasi pada key ini, digunakan untuk memastikan pengaktifan program yang tepat saat kita membuka file dengan Windows Explorer.
Jadi, hkey ini merupakan hkey yang menyimpan seluruh asosiasi file. Juga akan menyimpan jenis kelas special folder (CLSID). CLSID ini digunakan oleh sisterm operasi Windows dan kebanyakan aplikasi agar dapat berfungsi dengan benar. Isi hkey ini sama dengan HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Classes.

·         HKEY_CURRENT_CONFIG
Berisi informasi tentang profile hardware yang digunakan oleh computer local saat starup sistem.
Jadi, hkey ini menyimpan informasi profil perangkat keras terpasang.sebenarnya isinya sama dengan HKEY_LOCAL_MACHINE\CONFIG.



JENIS DATA

Ada beberapa jenis data di dalam registry dan ditampilkan pada menu New. Keterangannya sebagai berikut.

REG_BINARY adalah data jenis binary. Kebanyakan informasi komponen hardware akan disimpan dalam bentuk data binary dan ditampilkan oleh Regedit dalam format heksadeksimal.

REG_DWORD. Data diwakili dengan angka sebesar 4 bytes. Kebanyakan parameter untuk device drivers dan services adalah dengan jenis data ini dan akan ditampilkan oleh Registry Editor dalam format binary, heksadesimal, atau decimal.

REG_EXPAND_SZ adalah variable-length data string. Jenis data ini termasuk variable yang dibentuk saat suatu program atau service memakai data.

REG_MULTI_SZ adalah data jenis multiple string. Value yang berisi beberapa value yang dapat kita baca secara langsung. Masukan akan dipisah dengan spasi, koma, dan tanda baca lainnya.

REG_SZ adalah data jenis fixed-length text string

Gimana teman teman? Pusing. Ya begitulah registry. Jangan salahkan saya bila setelah anda membaca tulisan ini anda akan mengalami sakit kepala atau migran. Sekian.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran