Regedit (Registry Editor)




Ditulisan saya sebelumnya yang berjudul tentang Registry Windows telah dibahas seputar registry di windows. Nah pada tulisan saya yang sekarang ini saya akan menjelaskan seputar tool bawaan dari windows untuk mengedit registry dari windows tersebut, tool tersebut yaitu Registry Editor (regedit.exe).


Registry Editor adalah tool bawaan dari windows yang digunakan untuk meneliti dan mengubah pengaturan pada sistem registry. Registry itu sendiri merupakan suatu database yang berisi informasi bagaimana computer kita dijalankan. Windows menyimpan informasi konfigurasi pada suatu database yang diorganisir dalam bentuk tree (tree format atau diebut juga format pohon).

Oia dalam pengeditan registry ini diperlukan keahlian khusus ya maksudnya harus user yang memang benar benar paham akan registry. Karena satu kesalahan dalam pengubahan registry ini bisa membuat sistem operasi windows menjadi mogok total. Hal ini memang benar, walaupun terlihat sepele tapi akibatnya bisa menjadi fatal sekali.

Sekarang kita akan melihat secara sekilas tampilan dari regedit. Seperti pada gambar di bawah ini.


Pada kolom sebelah kanan yaitu terdapat key dan subkey yang sedang aktif.
Lalu masih di kolom yang sebelah kanan yaitu terdapat kolom Name, kolom Type, dan kolom Data.

Pada kolom Name akan berisi data nama value.
Pada kolom Type akan berisi data tentang jenis data untuk nama value yang berada di sebelah kirinya.
Pada kolom Data akan berisi data masukan atau entry atau nilai dari nama value.

Pada bagian kiri atas tampilan akan terdapat menu bar dengan beberapa pilihan, seperti File, Edit, View, Favorites, dan Help. Jika kita klik pilihan ini, suatu menu pulldown akan tampil.

Pada bagian kiri bawah tampilan akan terdapat status bar yang menunjukkan lokasi subkey yang sedang aktif secara lengkap. 

Comments

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran