Bahasa C dan C++


Apa kabar semua? Sudah lama ya saya tidak menulis blog lagi? Hehe. Atas ide dari teman saya, saya ingin membahas mengenai apa itu bahasa C dan C++. Ya karena bahasa pemrograman yang diajarkan di Semester 3 ini adalah bahasa tersebut.

Tentang C.
Bahasa C diciptakan oleh Dennis Ritchie pada tahun 1972 dari Bell Telephone Laboratories. Bahasa ini termasuk bahasa pemrograman kelas rendah, semakin rendah suatu bahasa maka semakin sulit untuk dipahami. Namun dibalik itu bahasa C merupakan bahasa pemrograman yang powerful. Keunggulan dari bahasa ini adalah C memiliki kemampuan untuk ‘bermain – main’ dengan memory dan memiliki kebutuhan konsumsi memory yang kecil.

Lalu bagaimana dengan C++?
C++ merupakan bahasa yang dikembangkan dari bahasa C oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1979 di Bell Labs. Bjarne Stroustrup menambahkan sifat Object-Oriented seperti Classes, Derived Class, Strong Type Checking, Inlining, dan fitur default argument sehingga pada awalnya, Bjarne Stroustrup menamakan bahasanya C With Classes. Baru pada tahun 1983, nama tersebut berubah menjadi C++.

C++ memiliki fitur fitur yang tidak memiliki oleh C namun memiliki semua fitur yang ada pada C. Dan jangan lupa, C++ adalah OOP (Object Oriented Programming) yang membuat bahasa C++ lebih terstruktur.

Kesimpulan :
Karena di C++ itu memiliki fitur fitur yang tidak dimiliki oleh C, saya menyarankan kepada Anda yang bingung ingin mempelajari C atau C++ untuk memilih mempelajari C++. Mengapa? Karena dapat disimpulkan jika Anda belajar C++, maka secara otomatis Anda juga sedang belajar C. CMIIW.


Comments

  1. kesimpulannya juga si C belum OOP.

    hemm... kl ngomongin Classes, Derived Class, Strong Type Checking, Inlining, dan fitur default argument...

    jangan tanya saya.... haha

    ReplyDelete
  2. iya C itu belum OOP nis.

    sama, jangan tanya saya juga. hehehe.

    terimakasih sudah mau mampir nis. =D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran