Mengapa Saya Harus Belajar Bahasa Indonesia ?

Karena menurut saya bahasa indonesia itu sangat penting bagi kita semua penduduk Indonesia. Disitu diajarkan bagaimana berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, dan juga penulisan yang sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Dalam sejarahnya bahasa indonesia ini digunakan sebagai pemersatu bangsa, karena di Indonesia ini terdapat suku budaya dan bahasa yang beraneka ragam di setiap daerahnya. Dan harus ada bahasa yang menyatukan seluruh bangsa Indonesia, disinilah peran bahasa Indonesia digunakan.

Bahasa menunjukkan bangsa. Dengan berbahasa bangsa kita sendiri, secara otomatis pula kita menunjukkan kalo kita bangga memiliki bangsa tersebut.

Bagi yang sudah terbiasa dengan bahasa daerahnya usahakanlah setiap berbicara kita menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, apalagi bagi yang merantau ke kota-kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Karena untuk menghormati lawan bicara kita terutama kepada orang yang lebih tua, apa jadinya kalo kita menggunakan bahasa daerah atau bahasa lainnya. Begitu pula untuk menjadi seorang wakil rakyat, ataupun manager suatu perusahaan. Tanpa berbicara dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar hal itupun menjadi sulit, misalnya untuk menyampaikan sesuatu hal.

Jadi kesimpulannya, bahasa Indonesia ini wajib kita pelajari dan kita kuasai. Mengapa? Karena bahasa ini digunakan dalam keseharian kita untuk berkomunikasi dengan siapa saja, baik dengan yang lebih tua, teman sebaya, maupun dengan yang lebih muda. Jika kita sudah memiliki kemampuan berbahasa yang baik dan benar sejak dini, pada nantinya akan mempermudah kita dalam berkomunikasi di dunia luar termasuk di dunia kerja. Jadi, belajarlah dari sekarang.

Comments

  1. "bahasa dapat mempermudah komunikasi dan memahami budaya"
    kata temen ane yg anak sastra :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari belajar bahasa indonesia yang baik dan benar mulai sekarang

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran