Jakarta Mencakar Langit Menimbun Laut

Gedung Wisma BNI 46
Penduduk yang kian hari kian bertambah membuat pemerintah harus berfikir bagaimana efisiensi dalam penempatan tempat tinggal penduduk. Salah satu contoh adalah dengan pembangunan secara vertikal, seperti pembangunan apartemen dan gedung-gedung tinggi sejenisnya. Sudah selesaikah masalah tersebut? Dan ternyata belum. Reklamasi pantai menjadi salah satu pilihan untuk memperluas Jakarta.

Menurut saya banyak hal yang harus diperhatikan untuk melakukan suatu “reklamasi pantai” ini, seperti bagaimana lingkungannya dan bagaimana dampaknya nanti. Atau mungkin pemerintah bisa mencari alternatif lain misalnya dengan pemerataan penduduk di seluruh wilayah Indonesia, jadi jangah hanya berpusat di satu wilayah saja. Memang nantinya akan ada biaya lagi, tapi mengingat penduduk yang semakin padat mungkin saja bisa dijadikan suatu alternatif.

Perlu diingat. Pembangunan mall-mall di Jakarta sekarang ini menyebabkan pemborosan lahan. Apalagi dalam satu daerah yang lokasinya dekat. Tentunya dengan hal-hal semacam ini pemerintah harus bisa belajar bagaimana pemanfaatan lahan dengan baik dan pada tempatnya.

Jika satu-satunya jalan adalah lewat reklamasi pantai, pemerintahpun harus bekerja keras untuk menanggulangi dampaknya nanti.

http://pena.gunadarma.ac.id/jakarta-mencakar-langit-menimbun-laut/#comment-550

Comments

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran