Thursday, November 8, 2012

Rencana Pembuatan Aplikasi Sistem Pakar

Di semester yang sekarang ini, saya mendapatkan banyak sekali tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. Mulai dari pembuatan sistem, pemrograman, dan pembuatan aplikasi. Nah yang terakhir itu yang sedang saya fokuskan sekarang yaitu pembuatan aplikasi. Aplikasi ini juga bukan sembarang aplikasi tentunya. Aplikasi yang dimaksud yaitu aplikasi sistem pakar.

Sudah tahu apa itu sistem pakar?
Menurut Marimin (1992), sistem pakar adalah sistem perangkat lunak komputer yang menggunakan ilmu, fakta, dan teknik berpikir dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh tenaga ahli dalam bidang yang bersangkutan.


Pakar bisa dicontohkan sebagai dokter, ilmuwan, psikolog, peramal, atau yang lain sebagainya. Sudah banyak juga aplikasi dari sistem pakar yang sudah dimanfaatkan oleh banyak orang diantaranya yaitu MYCIN, DENDRAL, XCON & XCEL, SOPHIE, Prospector, FOLIO, DELTA.

Apa sih keuntungannya sistem pakar ?

Keuntungannya yaitu memungkinkan orang awam untuk mengerjakan pekerjaan yang seharusnya hanya bisa dikerjakan oleh para ahli. Kemudian bisa melakukan proses berulang secara otomatis. Kita juga bisa memanfaatkan dan melestarikan keahlian dari para pakar (terutama keahlian yang memang sudah langka). Dan masih banyak lagi keuntungan-keuntungan lainnya.

Nah dari keuntungan diatas, saya berencana mencoba mempresentasikan pengetahuan dari para pakar ke dalam suatu aplikasi komputer.

Terus aplikasi apa yang mau dibuat?

Berhubung ini tugas kelompok, saya dan teman-teman juga sudah mendiskusikannya mengenai aplikasi apa yang akan kami buat. Rencananya kami akan membuat aplikasi mengenai rekomendasi jurusan perkuliahan di kampus saya sendiri yaitu Universitas Gunadarma.


Bagi calon mahasiswa/mahasiswi, hal ini merupakan hal yang sangat penting. Menurut hasil survey, banyak faktor yang mempengaruhi mereka dalam menentukan jurusan kuliah. Diantaranya yaitu faktor orangtua, faktor trend masa kini, dan faktor teman alias faktor ikut-ikutan.

Seharusnya untuk urusan yang menyangkut masa depan bagi calon mahasiswa/i tersebut haruslah dipikirkan secara matang. Jangan asal pilih jurusan inilah itulah TANPA sebab yang jelas.

Pemilihan jurusan yang baik atau bisa dibilang akurat, seharusnya berdasarkan bakat dan minat dari siswa/i tersebut. Karena melalui bakat dan minat, pastinya membuat siswa/i tersebut merasa enjoy (nyaman) saat menjalani perkuliahan nantinya. Tidak ada paksaan. Karena jurusan itulah yang emang "Gue banget" bagi siswa/i tersebut.

Penasaran dengan aplikasinya?
Nantikan saja kelanjutannya. =))

5 mahisaajy: Rencana Pembuatan Aplikasi Sistem Pakar Di semester yang sekarang ini, saya mendapatkan banyak sekali tugas-tugas yang diberikan oleh dosen....

3 comments:

  1. jadi ngga sabar mau nyoba programnya :D

    ReplyDelete
  2. kita juga punya nih jurnal mengenai pembuatan aplikasi, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/computer-science/2010/Artikel_11105325.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    Balas

    ReplyDelete

< >
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...