Sistem Asuransi Jiwa
Penanggung
- Tertanggung
- Pemegang polis
- Beneficiancy
Kalau tertanggung dan beneficiancy meninggal maka beneficiancy akan diberikan kepada kakak atau adiknya, setelah itu kepada omnya.
Ada perbedaan antara di Indonesia dengan di Amerika. Kalau di daerah Amerika atau Kanada ada suatu lembaga yang menaggung semua tanggungan dan manfaat.
Kaitan antara tertanggung, pemegang polis, dan beneficiancy dinamakan insurable interest.
Berikut merupakan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh asuransi jiwa, yaitu :
Penjelasan :
Dari maintenance dan services akan looping ke 0
Hasilnya bisa berlanjut ke proses 0 atau ke proses underwriting
Marketing berkaitan dengan SPAJ
Data klaim yang terjadi letaknya di database, dan itu berasal dari customer service.
Front linernya ada 2 yaitu marketting dan customer service
Dari klaim tersebut akan berlanjut ke proses 2 underwriting di tahun berikutnya
Marketing ada 2, branches dan agency. agency itu tidak ada gaji, namun komisi.
Kalau branches dan agency mewakili perusahaan asuransi, broker mewakili kepentingan nasabah. dia bisa mencarikan perusahaan asuransi mana yang cocok untuk nasabah.
Kalau digolongkan agency dan broker dinamakan penunjang asuransi.
Kalau branches termasuk bagian di dalam perusahaan
Underwriting, memiliki data
- nasabah
- tingkat kematian
- tingkat bunga
- tempat investasi
- klaim (historis)
- behaviour / perilaku
Pricing dan valuasi
- program
- cadangan (solvency)
Financing anda
- cadangan, dengan menggunakan aturan RBC (Risk Based Captial) dan sebesar 120%
- Tertanggung
- Pemegang polis
- Beneficiancy
Kalau tertanggung dan beneficiancy meninggal maka beneficiancy akan diberikan kepada kakak atau adiknya, setelah itu kepada omnya.
Ada perbedaan antara di Indonesia dengan di Amerika. Kalau di daerah Amerika atau Kanada ada suatu lembaga yang menaggung semua tanggungan dan manfaat.
Kaitan antara tertanggung, pemegang polis, dan beneficiancy dinamakan insurable interest.
Berikut merupakan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh asuransi jiwa, yaitu :
- prospek (potensial customer)
-> termasuk market research
- surat permintaan asuransi jiwa (SPAJ), terdapat
- index number
- nama = 3
- status -> keluarga -> behaviour
- usia =
- alamat =
- premi =
- UP =
- program =
-> pekerjaan
- setelah ada surat, lakukan proses underwriting (analisis resiko)
- setelah analisis resiko, kemudian pricing (actuary) dan valuasi
- financing dan reporting
- maintenance dan services
Penjelasan :
Dari maintenance dan services akan looping ke 0
Hasilnya bisa berlanjut ke proses 0 atau ke proses underwriting
Marketing berkaitan dengan SPAJ
Data klaim yang terjadi letaknya di database, dan itu berasal dari customer service.
Front linernya ada 2 yaitu marketting dan customer service
Dari klaim tersebut akan berlanjut ke proses 2 underwriting di tahun berikutnya
Marketing ada 2, branches dan agency. agency itu tidak ada gaji, namun komisi.
Kalau branches dan agency mewakili perusahaan asuransi, broker mewakili kepentingan nasabah. dia bisa mencarikan perusahaan asuransi mana yang cocok untuk nasabah.
Kalau digolongkan agency dan broker dinamakan penunjang asuransi.
Kalau branches termasuk bagian di dalam perusahaan
Underwriting, memiliki data
- nasabah
- tingkat kematian
- tingkat bunga
- tempat investasi
- klaim (historis)
- behaviour / perilaku
Pricing dan valuasi
- program
- cadangan (solvency)
Financing anda
- cadangan, dengan menggunakan aturan RBC (Risk Based Captial) dan sebesar 120%
-> solvency minimal 40%
-> investasi likuid / short term
Comments
Post a Comment