Mengoptimalkan Google

Kita sebagai penjelajah internet pasti tahu apa yang namanya google. Sebagai contoh pada saat kita menjalankan browser kesayangan kita yaitu firefox, pasti halaman pertama yang akan muncul adalah google (lain halnya jika anda sudah mengotak atik firefox anda). Nah terbukti kan google itu menjadi prioritas di dunia internet ini karena banyaknya informasi yang bisa kita dapat dari sana.

Sayang sekali rasanya kalau kita tidak mengoptimalkan google ini dalam pencarian informasi, entah itu untuk tugas kita atau hal hal lainnya. Alangkah baiknya kita bisa memanfaatkan penggunaan mesin pencari GOOGLE ini dengan baik. 


Pilihlah kata kata dengan hati-hati !!
  • Gunakanlah kata kata seperti “tutorial”, “mengenal”, atau “rangkuman”. Itu akan lebih baik daripada kata kata “bantuan”.
  • Lalu gunakanlah kata kata yang spesifik(khusus) jangan kata kata yang agak umum , supaya informasi yang anda cari bisa lebih terfokus.
  • Hematlah dalam berkata kata dan hilangkan kata penghubung. Karena google hanya menyediakan maksimal 10 kata.

Kalimat yang baik dan benar !!
  • Penggunaan kata “atau” di google akan lebih baik diganti menjadi “OR”(dalam huruf besar). Misalnya “blogger OR wordpress”.
  • Penggunaan lambang “+” juga berpengaruh terhadap hasil pencarian. Misalnya anda menginginkan informasi yang mengandung kata musik dan gitar, jadi nanti anda menuliskannya “musik + gitar”.
  • Penggunaan lambang “-“. Dimaksudkan untuk menghilangkan kata kata yang bisa “mengotori” hasil pencarian. Misalnya kita ingin mencari informasi tentang binatang jaguar tetapi bukan mobil jaguar. Berarti  yang diketik “jaguar-mobil”.
  • Gunakan kutipan atau tanda kutip (“…”) untuk pencarian yang lebih spesifik yang terdiri dari beberapa kata.

Pembatasan pencarian !!
  • Gunakan kata “link:” untuk mencari website yang memiliki hyperlink ke kata kata tertentu. Contohnya “link:mahisaajy.blogspot.com” untuk melihat website apa yang telah melakukan hyperlink ke mahisaajy.blogspot.com . Fasilitas ini ternyata sangat menarik khusunya bagi anda yang memiki suatu situs atau blog sendiri, atau untuk melihat informasi tentang situs seseorang. Yaitu untuk mengetahui siapa saja yang membuat link ke situs anda atau blog anda.
  • Untuk mencari alamat lengkap suatu rumah ternyata bisa juga dilakukan di google. Masukkan saja alamat lengkap untuk hasil pencarian yang nanti akan terhubung ke peta. Tetapi ini berlaku untuk pencarian di Negara seperti amerika serikat. Untuk di negera Indonesia sepertinya masih agak sulit untuk dikenali.

Nb: Pada proses pencarian, google akan mengabaikan kata umum seperti the, how, where, angka, serta kata kata lain yang memperlambat proses pencarian dan dianggap tidak terlalu mempengaruhi pencarian anda.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran