Study ke luar negeri (?)


Hmm melanjutkan pendidikan keluar negeri ya? Siapa sih yang gak tertarik? Saya malah tertarik bgd nih, apalagi setelah mengikuti seminar tentang international education fair (IEF) di balairung UI tanggal 10,11 desember kemarin. Wah pokoknya kalo teman teman yg mengikuti seminar tersebut pasti gimana gitu deh. Walaupun saya sendiri disana sambil setengah ngantuk gitu mendengarkannya. hehe

Untuk study ke luar negeri itu banyak sekali loh yang harus direncanakan, ya seperti negara mana yang akan kita tuju, sekolah atau universitas, program study apa yang akan kita pilih, lalu juga tempat tinggal. Dan yang tidak boleh dilupakan yaitu masalah keuangan(ini mah udah jelas ya hehe).

Yang jadi pertanyaan adalah perlukah kita untuk belajar ke luar negeri ? hmm perlu gak ya. Tergantung kitanya juga sih. Kita harus mempertimbangkannya matang matang. Ada beberapa pertimbangan. Diantaranya.

  • Dana pendidikan
    Ini merupakan masalah utama bagi para pelajar yang ingin study ke luar negeri.  Jika anda tidak mempermasalahkan masalah keuangan ini, saya piker lebih baik anda mengejar pendidikan terbaik yang mungkin anda raih. Karena pendidikan terbaik itu merupakan modal yang amat sangat penting bagi kita semua untuk menjamin kehidupan yang layak.

    • Perubahan zaman
                    Zaman kita sekarang ini sudah berubah loh dibanding zaman orang tua kita apalagi kakek kita. Pada zaman sekarang ini kita dituntut supaya lebih ulet dan kreatif untuk bisa mendapat pekerjaan yang layak. Nah faktor pendidikan itu sangat mempengaruhi sekali. Banyak yang sukses gara gara mereka itu sempat merasakan pendidikan di luar negeri. Tapi banyak pula yang sukses gara gara kegigihan, keuletan, kekreatifan walaupun latar pendidikan mereka itu tidak setinggi orang orang lainnya.

    • Persaingan global
                    Nah bahasa asing sepertinya harus wajib anda kuasai untuk bisa ikut bersaing dengan yang lainnya. Tidak hanya bahasa loh, tapi juga kita minimal tahu budaya bangsa bangsa lain di berbagai Negara. Dengan kita pergi ke luar negeri mungkin hal hal diatas akan mudah terwujud.

    • Mutu dan prasarana pendidikan
                    Dosen dosen berkualitas dan tentu juga fasilitas yang bagus itu sangat menunjang sekali terciptanya lulusan lulusan yang “super” dan dapat langsung diserap oleh dunia kerja.

    • Kemandirian
                    Mandiri ? ya mandiri. Untuk study ke luar negeri ini sifat ini memang harus dimiliki. Kesempatan belajar ke luar negeri itu juga dapat melatih kita untuk belajar mandiri dalam berbagai hal.

    • Ketersediaan jurusan yang diminati
                    Kita tertarik pada jurusan apa ya? Coba anda berpikir sejenak. Lalu cari apakah bidang studi tersebut ada atau tersedia di dalam negeri. Menguasai bidang studi yang spesifik dan unik itu berarti anda menciptakan peluang kerja yang jauh lebih baik. Nah jika anda tertarik menguasai keilmuan yang belum tersedia di dalam negeri. Seperti yang saya bilang tadi,mungkin studi ke luar negeri bisa menjadi alternative.

    • Berbeda
                    Apakah kita ingin mempunyai sesuatu yang berbeda dibandingkan yg lain. Pasti kebanyakan menjawab iya. Salah satu cara yang efektif adalah dengan melanjutkan studi ke luar negeri sehingga anda akan menjadi orang yang berbeda, karena anda akan memperoleh kelebihan kelebihan dan keuntungan keuntungan yg unik yg telah saya uraikan di atas.

    Pepatah mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina. Yg mengartikan supaya kita bisa menuntut ilmu dimana saja walau jauh sekalipun. Jangan pernah menyerah kawan !!! :D





    Comments

    1. :sundul:
      ahahaa ajii meningkat terus niii.. uda blognya qwren ehh tulisannya sekaarang qwren euyyy

      ReplyDelete
    2. @windy: hehehe makasih ya master atas pujiannya. jadi terbang nihh. :thanx

      ReplyDelete
    3. @smiley: yoi deh :iloveindonesia: too hehe

      ReplyDelete
    4. intinya Harus nyari BEASISWA....biar gampang di dananya
      hehehe...

      ReplyDelete
    5. haha iya apalagi kalo dapet tuh beasiswa. hehe.

      ReplyDelete

    Post a Comment

    Popular posts from this blog

    Jenis - Jenis Tanggung Jawab

    Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

    Keadilan dan Kejujuran