Mengapa membuat free software ?



Motivasi umum orang orang menggratiskan produknya adalah motivasi untuk dikenal. Dengan kata lain, menggratiskan produk sebenarnya bagian penting dari pemasaran. Tapi tidak semua orang pembuat produk gratis memiliki motivasi yang sama. Lalu apakah motivasi di luar pemasaran ?


Richard Stallman sebagai pendiri FSF tidak menjadikan pemasaran sebagai tujuan untuk menggratiskan produk. Suatu motivasi awal dari Stallman adalah untuk mencapai kemerdekaan, merdeka untuk membuat software, sekaligus merdeka untuk menentukan lisensi dari software yang dibuat.


Banyak orang mudah menebak tentang motivasi promosi produk. Tapi masih cukup banyak orang mudah menebak tentang motivasi kemerdekaan.

Kata-kata diatas ini saya kutip dari BERNARIDHO I. HUTABARAT.
           
Setelah anda membaca kutipan di atas. Apa yang bisa disimpulkan ?
Pasti anda sering sekali kan mendengar pertanyaan. “untuk apa sih bikin free software, kan gak menghasilkan sejumlah dollar atau rupiah gitu, untung apa kita ?”.

Jadi, ternyata tuh seseorang yg membuat free software itu pasti dia mempunyai sebuah tujuan. Ya salah satunya tadi, supaya untuk dikenal. Ya mungkin bisa disebut sebagai promosi gitu deh hehe. Atau tujuan yang satu lagi yaitu untuk kemerdekaan. Ya jadi kalo anda ingin membuat free software ya tentukan lah tujuan anda tersebut, apakah untuk dikenal atau untuk kemerdekaan.

Teruslah berkarya teman!!!

Comments

  1. NUSAPTEL tidak recomended untuk dipelajari,
    dilain sisi, the maker tidak mampu mengungguli bhs C, java, dll sang pembuat juga tidak recomended untuk menyampaikan materi..
    bagi yang ingin merasakannya,,,silahkan,saran saya, jauhi orang pembuat NUSAPTEL

    ReplyDelete
  2. mohon maaf apabila tulisan saya agak kacau. maklum baru nyubi. hehe.
    maaf saya kurang mengerti arti dari NUSAPTEL itu sendiri. bisa diperjelas? =D

    ReplyDelete
  3. Berbeda dengan Anonymous yang awal, saya katakan Nusaptel sangat recommended untuk dipelajari.

    ReplyDelete
  4. salam kenal mahisa...^_-^...dalam mencari ilmu dan belajar selain isi, yang juga penting adalah gagasannya....idenya. Sebagai wahana penambah wawasan kreatifitas pembelajar.

    ReplyDelete
  5. All that we are is the consequence of what we have estimation. Wait… Has anyone exhorted dissertation for you. Keep the articles progressing !

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran