Menyapu bersih program komputer

Waduh komputer saya kok jadi lemot gini ya. Kenapa ya? Segala sesuatu yg ada di komputer saya jadi gk enak bgd rasanya kalo di jalankan. Oh saya tau, pasti gara gara banyak program yang saya tidak butuhkan lagi dan musti di sapu bersih. Ayo teman teman kita hapusin yok satu satu program di komputer kita. Biar gk lemot nihh. Hehe. Soalnya di kompi saya gk tau kenapa jadi lemot gila nihh. Maklum komputer jadul. Ehehehe.

Teman teman pasti sudah banyak yang tau ya dengan judul tulisan saya di atas ? Atau lebih keren bahasanya meng-uninstall program. Mungkin ‘user biasa’ ada yang tidak tahu caranya. Yg udah jago jangan sombong !!! :D. Saya disini hanya ingin men sharing saja. :)

Kebanyakan para user tersebut mengira, kalo dengan cara menghapus icon program dari desktop itu sudah otomatis menghapus program. Itu salah besar !! Mengapa ? Ya karena yang dihapus itu hanya shortcut ke program yg sebenarnya yang terdiri dari banyak file. Sedangkan suatu program itu pasti terdiri dari banyak file.

Kita tentukan dulu program mana yang akan dihapus. Yang sudah pasti tidak dibutuhkan lagi dan memenuhi ruang harddisk. ( ruang harddisk saya juga udah sesak bgd nih :( hehe).

Cara yang mendasar sekali adalah dengan menggunakan menu start. (Menu start itu loh yang ada di kiri bawah yg ada gambar jendelanya. Lucu ya warna warni gitu hehe. ). Nah di menu start ini kita akan mencari opsi uninstall atau remove dari dalam folder program tersebut. Klik start, lalu all programs, lalu pilih folder program yang akan di hapus. Setelah diarahkan ke folder tersebut, anda akan melihat program yang ada didalamnya. Cari deh icon yg ada tulisan uninstall, lalu klik. Setelah itu ikuti saja wizard pada layar untuk menghapus program itu dengan aman.

Cara yang kedua. Nah kadang ada beberapa program tidak memberikan opsi uninstall dari folder di menu start all programs. (mungkin beberapa program mau iseng kali yaa hehe). Jangan khawatir teman teman. Kita klik saja start, lalu pilih control panel. Kemudian pilih add or remove programs. Lalu akan muncul jendela baru berisi daftar program yg pernah kita install di komputer kita. Klik program yg akan kita uninstall, lalu klik tombol remove atau change/remove, setelah itu ikuti saja perintahnya. Program anda sudah selesai di sapu bersih deh hehe.

Cara yang ketiga. Cara yang ini sih menurut saya merupakan cara tambahan saja. Mungkin saja anda ingin mengunistall suatu program dengan memakai program juga. Ini saya ada beberapa software free yg bisa di gunakan. 


Selamat mencoba ya khusunya bagi para pemula loh. :) hehe

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Kaskus

3 Tingkatan Cinta dan Berbagai Bentuk Cinta

Apa itu Desk Checking? Pengecekan Meja-kah?