Pentingnya Standarisasi dalam Kehidupan

Standarisasi itu sangatlah penting. Apalagi bagi masyarakat di seluruh dunia dengan keanekaragaman budaya di negaranya masing-masing. Kita ambil contoh yaitu bahasa. 

Bahasa digunakan sebagai alat komunikasi sesama manusia dalam mengutarakan pendapatnya. Dengan bahasa kita dapat menceritakan pengalaman kita, mengutarakan perasaan kita terhadap seseorang yang kita sayangi, dan bisa juga untuk menyatakan kemarahan kita kepada orang lain. Tentunya melalui bahasa, yang kita inginkan adalah pesan atau pendapat yang kita utarakan tersebut sampai (sekaligus dimengerti) oleh lawan bicara kita.

Lalu kaitannya dengan standarisasi?
Dikisahkan ada dua orang, kita sebut saja mawar dan marwan. Mereka berdua berasal dari negara yang berbeda, mawar dari Finlandia dan marwan dari Indonesia. Mereka saling mencintai, dan marwan ingin menyatakan perasaannya kepada mawar. Tetapi masalahnya mereka tidak dapat saling mengerti pembicaraan satu sama lain (Agak sedikit aneh memang) karena bahasa yang mereka gunakan berbeda.


Lalu bagaimana solusinya?
Ada 3 kemungkinan. Pertama, Mawar yang harus belajar bahasa Finlandia. Kedua, Marwan yang harus belajar bahasa Indonesia. Dan yang ketiga, mereka harus mempelajari satu bahasa yang sudah mereka sepakati bersama. Lantas mereka pilih yang mana? Maaf, jangan tanya saya karena saya tidak tahu apa apa. Itu urusan mereka. Biar mereka menempuh jalan cinta mereka sendiri =)

Yang jelas perlu ada komunikasi yang jelas antar kedua belah pihak. Lalu bagaimana dengan Mawar-Marwan yang lain? Bagaimana pula dengan miliaran penduduk dunia yang ingin berkomunikasi satu sama lain? untuk sekedar mempelajari budaya masing-masing, atau untuk menyatakan perasaaan seperti kisah Mawar dan Marwan diatas. =)

Dengan dipilihnya bahasa inggris sebagai bahasa dunia pun sudah menjawab pertanyaan tersebut. Tetapi muncul pertanyaan di dalam benak saya, kenapa bukan bahasa Indonesia ya?
Ya saya tahu.. Itu hanya sekedar pertanyaan kok..

Bahasa pemrograman-pun juga seperti itu 
Masih ada kaitannya dengan bahasa....
Berhubung saya anak jurusan komputer, saya mempelajari mata kuliah yang berkaitan dengan bahasa pemrograman. Singkat cerita, ada satu ebook pemrograman yang harus saya terjemahkan dari bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia (yang baik dan benar tentunya).

Saya mencoba untuk menerjemahkan dari baris satu ke baris lainnya, dari paragraf satu ke paragraf lainnya. Awalnya saya tidak menemukan kesulitan. Kemudian sampailah saya pada kata "exception", "try", dan "catch". (Bagi kalian yang sudah mempelajari error handling di Java pasti mengerti). Saya berhenti sejenak.. Tidak mungkin kata tersebut diterjemahkan bukan ? (karena nanti hasilnya pasti menjadi tidak karuan =D)

Nah disini jugalah arti pentingnya standarisasi dalam kehidupan perkomputeran. Contohnya tadi dalam bahasa pemrograman, ada beberapa aturan yang dipatuhi untuk mempelajarinya. Kalau salah tafsir ya nanti jadi berantakan, dan yang tadinya kepingin bisa malah menjadi bingung.

Note : Ada sedikit catatan nih buat yang bekerja sebagai penerjemah. Buatlah bahasa yang mudah dipahami dan tanpa mengubah makna dari bahasa aslinya. Hehe..

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran