Banjir, Sisi Negatif dan Positifnya


Tidak selamanya sesuatu yang merugikan itu sudah pasti merugikan. Hmm benarkah? Sebenarnya kita bisa kok melihat kejadian hari ini yang terjadi di sekitar kita. Loh, memang apa yang terjadi saat ini dan sedang ramai dibicarakan? Sepertinya banjir-lah jawabannya.

Fenomena banjir memang sedang menjadi sorotan saat ini. Di twitter, facebook, berita televisi, bahkan perbincangan antar tetangga-pun semuanya sedang membicarakan banjir. Apalagi banjir yang melanda ibukota Jakarta, menyebabkan kota tersebut menjadi lumpuh total. Aktivitas yang biasanya dilakukan oleh para masyarakat, tiba-tiba berhenti sejenak. Yang tadinya memiliki niat untuk pergi ke kantor lalu mengerjakan pekerjaan mereka, namun ternyata di tengah perjalanan mereka menemui sebuah hambatan. Kemudian bagaimana nasib para pencari nafkah yang tidak bisa mendapatkan sepeser uang-pun akibat bencala alam tersebut? Musibah memang tidak dapat ditolak. Kita harus percaya, semuanya sudah ada yang mengatur dan merencanakan.

Mungkin bagi kalian yang tadi melihat berita televisi, kalian bisa lihat bagaimana rumah warga yang menjadi sasaran banjir. Alias rumahnya tergenang air. Mereka sibuk menyelamatkan peralatan rumah mereka, memindahkan barang yang bisa dipindahkan. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang mengalami musibah tersebut, kondisi kesehatan badannya menjadi sedikit terganggu akibat terlalu lama bersentuhan dengan air. Kalau dilihat-lihat, dunia ini memang sedikit tidak adil ya. Dikala mereka sedang kesusahan, justru kita malah bersenang-senang dan seakan lupa akan kejadian yang terjadi di tempat lain tersebut.

Menariknya, tidak selamanya sesuatu yang merugikan sudah pasti merugikan. Hmm benarkah? Sebenarnya kita bisa kok melihat kejadian hari ini yang terjadi di sekitar kita. Tak terkecuali yang tadi terjadi di sekitar rumah saya. Hari ini, anak-anak kecil menjadi sangat ceria sekali. Bahkan tadi siang terlihat menikmati sekali bermain dengan air hujan di tengah lapangan. Byur byur byur.. Asyikk ya? Jadi teringat kenangan masa dahulu.

Selain contoh diatas, kita juga bisa melihat bagaimana senangnya para pemilik dan pekerja bengkel saat ini. Tidak lain tidak bukan adalah karena banyaknya pelanggan yang mengantri untuk diperbaiki kendaraannya. Ya benar, banjir secara tidak langsung memberikan dampak positif bagi mereka. Indah ya hidup ini.. Ada sakit pasti ada penawarnya (obat), ada kesulitan pasti ada kemudahan. Kendaraan Anda mengalami masalah? Ya pergi ke bengkel-lah solusinya. =)

Dapat kita ambil suatu kesimpulan. Ternyata banjir tidak hanya menimbulkan dampak negatifnya, jika kita melihat lebih jeli pasti terdapat sisi positifnya. Begitu juga dengan setiap masalah yang sedang kita hadapi, pasti terdapat juga sisi positifnya dari setiap masalah tersebut. Dan juga kita harus mengurangi sifat mengeluh kita, terutama lewat jejaring sosial, agar kita bisa berfikir jernih dan bisa mengambil sisi positif dan kemudian menyelesaikan masalahnya. Ya kalau kalian tetap bersikukuh untuk mengeluh dan mengeluh, ya pasti ga akan nemu toh mas/mba sisi positifnya. =)

Comments

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran