Belajar Bersama: Ini Kruskal Bukan Prim !

Ooohh tidaaakkkkkkkkk, teman-teman coba liat ini deh.. Kayaknya kita salah penafsiran dari kemarin-kemarin, antara algoritma Kruskal dan algoritma Prim. Terus gimana dong? Apa kita terusin aja nih yang udah-udah. Jangan dong, mending kita revisi aja yang kurang tepat. Ayo makanya kita diskusiin bersama-sama sekarang. OKEEEE..


Walaupun sama-sama digunakan untuk menghasilkan minimum spanning tree, antara algoritma Kruskal dan Prim jelas memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut terletak pada penentuan sisi-sisinya. Jika pada algoritma Prim sisi yang dimasukkan harus bersisian dengan simpul yang ada. Maka pada algoritma Kruskal, sisi yang dipilih tidak perlu bersisian dengan simpul yang ada ASALKAN penambahan sisi tersebut tidak membentuk sirkuit. 

Intinya kalau dalam Kruskal, sisi-sisi yang ingin dibentuk boleh lompat kesana kemari (tidak perlu bersisian). Yang dilihat adalah hasil akhirnya yaitu berupa lintasan-lintasan yang sudah terbentuk.

Dibawah ini ada contoh video perbandingan antara Prim dan Kruskal. Prim di gambar yang kiri, sedangkan Kruskal yang di kanan. 



Nah akhirnya beres juga, udah di revisi pula. Ga usah panik makanya.. Nanti kalo ada masalah diskusiin aja lagi. Yaudah deh ya gw mau ngelanjutin facebook-an lagi nih. Daaaaaaa.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran