Berinternet, Dari Dulu Hingga Sekarang


Dulu saat masih sekolah dasar, ya kalo bisa dibilang lagi imut-imutnya, saya senang sekali setiap kali ingin bermain bersama teman-teman saya. Mulai dari main sepeda bareng, main petak umpet, hingga banjir-banjiran, hmm dan masih banyak lagi yang lainnya. Andaikata pada saat itu ada yang menanyakan kepada saya "Apa itu internet?", apa kira-kira jawaban saya? Ya paling saya hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala, alias ora mudeng (enggak ngerti). Haduh, boro-boro mengerti apa itu internet, wong main komputer aja jarang. Jangankan untuk main, untuk menyalakan saja saya takut kesetrum. Tapi akhirnya lama kelamaan saya mulai mencoba untuk mengoperasikan komputer, dan akhirnya saya ketagihan bermain permainan seperti Solitaire, dan Minesweeper. Ohya, waktu itu juga sempet nyobain game balap-balap motor tapi lupa namanya apa, pokoknya seru deh. Sistem operasi yang saya gunakan waktu itu adalah Windows 98.

Dan setelah lulus dari SD, antara SMP dan SMA saya mulai dikenalkan dengan internet oleh teman-teman saya. Waktu itu saya bersama 4 orang teman (kalau tidak salah) memutuskan pergi ke warnet (warung internet). Ya karena saat itu saya tidak mengerti apa-apa dan saya juga ingin tahu apa itu internet, saya memutuskan untuk ikut. Sesampainya di warnet, saya bergerombol bersama yang lainnya mengelilingi 1 komputer yang ada di depan kami. Ya, 1 komputer 5 orang.

Petualangan pun dimulai. Teman saya yang saat itu lebih paham (mungkin sampai sekarang) mengambil alih kendali komputer. Pertama-tama login terlebih dahulu, kemudian salah satu aplikasi di desktop coba ia buka. Dulu saya sempat bingung itu aplikasi apa, tapi ternyata teka-teki itu terjawab sekarang bahwa aplikasi tersebut adalah aplikasi penjelajah (browser). Kalau tidak salah nama aplikasi tersebut adalah Internet Explorer, saya lupa versi berapa, dan yang jelas aplikasi bertugas sebagai penjembatan yang menghubungkan antara kami dengan internet.

Saat itu juga saya baru tahu bahwa ada mesin pencari canggih untuk mencari situs ataupun artikel yang kita inginkan saat itu, yang kita kenal dengan Google. Saya belajar banyak saat itu. Saya bisa membaca berita-berita yang sedang banyak dibicarakan orang saat itu tanpa membeli surat kabar (koran) tentunya. Saya bisa membaca cerita-cerita mistik tanpa harus membeli majalah Misteri, dalam hal ini teman saya yang menantang saya beserta teman-teman untuk membuka situs mistik tersebut, "Lelaki tak boleh takut terhadap hal seperti itu" begitu katanya.

Waktu terus berjalan hingga pada suatu hari saya diajak untuk bermain game online. Nama gamenya yaitu Counter Strike. Walaupun saya kurang berbakat dalam hal ini, saya tetap menikmatinya. Kemudian saat itu juga sedang booming-boomingnya social network, yaitu Friendster. Dan masih banyak hal-hal lainnya yang bisa kita lakukan dengan internet.

Lalu sekarang, keadaan lah yang menyebabkan saya harus selalu menatap layar komputer + bergantung pada koneksi internet. Entah itu untuk mengerjakan tugas, baca-baca materi perkuliahan, menulis blog, membaca berita online, maupun pekerjaan lainnya yang dapat saya lakukan dengan internet.

Dengan internet, kita bisa belajar banyak mengenai ilmu apa saja. Internet telah menyediakan fasilitas yang begitu megahnya, yang berisi segudang cerita, ilmu, kisah, dan harapan. Dengan duduk santai-pun kita tetap bisa berinternet ria. Melihat pemandangan suatu tempat tanpa harus datang ke tempat tersebut. Menyenangkan sekali bukan?

Oleh karena itu bijaklah saat menggunakan internet! =)

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Kaskus

3 Tingkatan Cinta dan Berbagai Bentuk Cinta

Apa itu Desk Checking? Pengecekan Meja-kah?