Belajar Crimping Kabel UTP

Dalam mata kuliah jaringan komputer kemarin, saya baru saja mempelajari sebuah teknik crimping. Apa itu crimping? Crimping merupakan sebuah proses dimana sebuah kabel UTP diubah fungsinya agar bisa digunakan sebagai kabel jaringan komputer.

Bagi yang belum tahu bentuk kabel UTP, berikut penampakannya.

Kabel UTP
Nanti akan dirubah menjadi seperti ini.
Kabel UTP yang sudah siap digunakan
Sebelum memulai, persiapkan terlebih dahulu alat-alatnya. Alat yang digunakan yaitu: kabel UTP, RJ-45 Connector, Crimping tool

Pada kasus kali ini, kita akan membuat kabel straight.
Oke, sekarang kita mulai. Pertama, kita siapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan. Kemudian kita ambil kabel UTP, setelah itu kupas bagian luar kabel kira-kira sepanjang 1 cm. Hingga mengelupas seperti gambar di bawah.


Kemudian susun warna-warna kabel pada setiap ujung kabel, seperti yang tertera pada gambar.
Setelah itu rapihkan ujung kabel yang telah tersusun tadi berdasarkan aturan warna. Setelah rata, hubungkan kabel tersebut ke dalam konektor RJ-45.


Pastikan kabel UTP tersebut masuk ke dalam dan hingga menyentuh ujung konektor RJ-45. Setelah itu lakukan crimping dengan menggunakan crimping tool.


Pastikan saat meng-crimping, sampai terdengar bunyi. Setelah itu lepas kabel tersebut dari alat crimping.

Kabel UTP sudah siap digunakan. =)

Tambahan
Tutorial diatas ditujukan untuk pembuatan kabel straight menggunakan kabel UTP. Jika ingin membuat kabel cross over menggunakan UTP, kalian tinggal merubah aturan pengkabelannya saja, seperti gambar di bawah ini.


Selamat mencoba rekan rekan seperdjoeanganku..

Comments

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran