Cadangan Klaim Asuransi

Studi kasus
Dalam suatu asuransi dalam satu periode yaitu 15 tahun. Aturannya yaitu dalam kurun waktu dari awal ikut asuransi sampai 10 tahun berikutnya wajib membayar premi sebesar 500 ribu. Dan dari waktu awal ikut asuransi sampai terakhir (15 tahun) maka didapat uang pertanggungan.

Misalnya orang yang ikut asuransi berumur 40 tahun. Perusahaan asuransi juga harus memikirkan ukuran usia yang diperbolehkan mengikuti asuransi. Biasanya rata-rata perusahaan asuransi membatasinya pada umur 65 tahun. Berarti setelah umur tersebut maka peserta asuransi tidak boleh mengikuti program asuransi.


Cadangan klaim
hasil investasi didapat dari investasi pada premi

Tipe grafik dari cadangan klaim ada dua jenis yaitu, grup dan personal. Kalau grup berarti diambil dari rata-rata usia yang terkumpul dalam satu grup tersebut. Misalnya dalam satu grup yaitu ada 9 orang. Mereka semua secara berurutan berumur (40,35,50,55,41,37,38,32,33). Berarti rata-rata usianya yaitu 40.11

Perlu diingat, program asuransi itu sifatnya harus customize, yang berarti fleksibel. Maksudnya yaitu karena yang terlibat itu peserta, jadinya harus disesuaikan juga dengan peserta asuransi.

Pembentukan cadangan klaim didasarkan atas
  1. rate yang diberikan
  2. mengetahui apakah grup atau personal
  3. program asuransinya

Ada dua program
Program 1
Seandainya peserta menyicil pertahun, pada saat akhir tahun ke-10 (masih hidup), maka peserta tidak akan mendapat apa-apa.

Program 2
Seandainya peserta menyicil pertahun, pada saat akhir tahun ke-10 (masih hidup), maka akan memperoleh 20% dari uang pertanggungan pada tahun ke-12. pada akhir tahun ke-14 (masih hidup), maka akan mendapatkan 30% dari uang pertanggungan.

Contoh kasus
Jika peserta asuransi akan mendapatkan uang pertanggungan sebanyak 10 juta. sedangkan dia harus membayar premi sebanyak 500 ribu/tahun, maka akan didapatkan fungsi sebagai berikut:

f1 = 500ribu
f2 = (500ribu + 1%)
f3 = 500ribu + f2
f4 = 500ribu + f3
f5 = 500ribu + f4
                    |
|
v
f10 = 500ribu + f9

f1 itu maksudnya tahun ke-1
500 ribu itu perorang. namun apabila ada 10 orang maka digabung menjadi 5 juta.
dari kesepuluh diatas dikurangi resiko, sehingga menjadi
f1 = 500ribu - risk , dan seterusnya.
yang sulit bukan menghitungnya. namun yang sulit investasinya. harus menghitung tingkat bunga investasi.

program dari masing-masing perusahaan asuransi pasti berbeda.

periode bayaran
- bulanan
- tahunan
- sekaligus


Comments

Popular posts from this blog

Jenis - Jenis Tanggung Jawab

Apa itu 'softskill' dan 'hardskill' ???

Keadilan dan Kejujuran