Sedikit Cerita di Toko Buku

Hari ini, sepulang kuliah, saya menyempatkan waktu untuk mampir ke salah satu toko buku (sebut saja Gramedia) di salah satu mall di dekat ibukota (sebut saja Plaza Pondok Gede). Sebenarnya sudah lama saya tidak berkunjung ke toko buku tersebut, dan keinginan untuk pergi kesana pun tiba-tiba muncul kembali. Akhirnya hari ini, dengan tekad yang bulat, saya berhasil mewujudkannya.

Awalnya saya berencana untuk membeli satu buku mengenai pemrorgraman Web, yaitu seputar pemrograman PHP, HTML, CSS, dan sejenisnya. 


Sedang mempelajari pemrograman Web? Hmm bisa dikatakan iya. Mungkin kalian pernah mendengar tentang IBM Worklight. IBM Worklight ini merupakan satu terobosan baru di dunia pemrograman mobile, dan berbasis HTML5. Jadi, dengan menggunakan aplikasi tersebut, kita dapat membuat aplikasi yang nantinya dapat berjalan pada seluruh platform mobile (android, blackberry, windows phone, dll). Menyenangkan bukan? Karena hal tersebutlah saya berkeinginan untuk mempelajarinya.

Balik ke topik awal. Sesampainya di toko buku, saya dihadapkan pada kumpulan rak yang berisi buku-buku yang dijual lebih murah dibanding biasanya. Disitu tertulis mulai dari harga Rp. 5.000 sampai Rp. 25.000. Wow. Mata saya seketika tertuju pada rak tersebut. Kemudian saya berjalan menghampiri kumpulan buku tersebut.

Saya melihat-lihat dan memutari rak buku tersebut. Setelah saya perhatikan, ternyata dari sejumlah buku tersebut diterbitkan oleh Kompas. "Mungkin buku usang sekaligus cuci gudang", pikir saya dalam hati. Namun, saya sudah terlanjur tergiur dengan beberapa judul buku tersebut, apalagi dengan harga bukunya =)

Perjalanan di dalam toko buku pun saya lanjutkan kembali, karena masih banyak buku yang sudah menantikan kedatangan saya saat itu. Buku komputer, novel remaja, dan buku lainnya ternyata masih diletakkan di tempat yang sama seperti dahulu saat saya berkunjung. Alhasil, tak sulit bagi saya untuk menemukan beberapa buku yang ingin saya cari.

Sesuai dengan tujuan awal untuk membeli buku mengenai pemrograman Web, saya menghampiri rak buku komputer. Di rak tersebut, banyak sekali buku sejenis yang berkaitan dengan buku yang saya cari. 

Setelah lama memilih dan akhirnya bingung sendiri. Tiba-tiba jiwa matematika saya pun keluar. Saya berhitung cepat, dan setelah itu saya menyimpulkan sesuatu. Jika saya beli buku komputer, uang 50 ribu saya ditukar hanya dengan satu buku. Bagaimana dengan rak buku dengan harga miring yang saya temukkan tadi? Haruskah saya anggurkan begitu saja? Mungkin uang 50 ribu saya dapat ditukar dengan beberapa buku. 

Saya mempertimbangkan beberapa hal, yaitu buku komputer yang ada pada toko buku mungkin hanya membahas sebagian. Sedangkan di internet berbagai macam materi pun ada, kalau Anda pandai berjelajah pasti Anda dapat menemukan apa yang Anda cari. Oleh karena itu, saya mengurungkan niat untuk membeli buku komputer, kemudian coba berpaling ke rak buku dengan harga miring tersebut. Terdengar agak plin-plan memang, tapi saya coba berpikir hemat dan untung =)

4 buku yang beruntung saya pilih
Buku lama adalah buku baru bagi mereka yang belum membacanya
Setelah itu saya ambil 4 buku yang menurut saya menarik. Ke kasir, ke parkir, langsung setir. Brumm.. 


Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Kaskus

3 Tingkatan Cinta dan Berbagai Bentuk Cinta

Apa itu Desk Checking? Pengecekan Meja-kah?