Bijaklah dalam 'Memperlakukan' Informasi

SUNGGUH menyenangkan sekali, saya tinggal di zaman dimana informasi serba melimpah ruah. Disini ada berita. Disitu juga ada berita. Bahkan di tangan kita saja sudah mengalir arus informasi, tentunya dengan satu syarat, yaitu gadget yang ada di genggaman kita. Informasi pun jadi semakin mudah untuk diperoleh. 

Apabila tak sempat untuk berkunjung ke situs berita dan kawan-kawannya, dengan membuka facebook atau twitter saja, kita sudah disuguhkan oleh konten-konten menarik nan segar (maksudnya informasi yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan). Gimana kalo emang dari awal kita udah niat baca berita ya.. Mungkin banyak sekali pengetahuan yang kita dapat saat itu..

Ngomong-ngomong mengenai situs berita, saya juga sering berkunjung ke situs-situs berita, sebut saja, yaitu Detik, Kompas, dan lain sebagainya. Apabila masih kurang puas dengan berita-berita yang ada, terkadang saya juga berkunjung ke situs Kompasiana, yang dimana keseluruhan isinya merupakan opini masyarakat mengenai sesuatu hal. Ibaratnya blog yang terkumpul menjadi satu. Beuhh keren abiss..

Berbicara mengenai situs detik.com, menurut saya situs ini unik. Tak hanya semata-mata ingin menampilkan informasi saja, Detik juga menyuguhkan beberapa animasi menarik, yang membuat kita semakin betah untuk berlama-lama di situs tersebut. Coba lihat saja situs harian.detik.com.

Harian Detik (gambar: detik.com)

Harian.detik.com ini benar-benar memanjakan para pembacanya supaya nyaman saat membaca berita di situs tersebut. Animasinya keren, seperti saat sedang membaca koran beneran. Beritanya juga menarik sekali dan up to date. Terbitnya pun 2 kali sehari (kecuali sabtu minggu), yaitu pada pagi dan sore hari.

Majalah Detik (gambar: detik.com)

Selain itu, Detik juga mempunyai majalah yang beralamat di majalah.detik.com. Terbitnya tiap hari sabtu. Kalo dulu kita sering sekali berlangganan majalah, dan biasanya biayanya juga bisa dibilang tidak sedikit, maka sekarang kita bisa juga berlangganan majalah tanpa membayar uang sedikitpun. Cukup memanfaatkan koneksi internet, terus download deh.

Ohya, disini saya tidak sedang promosi. Saya juga tidak dibayar oleh Detik. Namun, kalau Detik berniat ingin memberikan sesuatu kepada saya, pun saya tidak akan menolaknya. Uhukkk.. Saya lanjut saja ya.. Saya hanya ingin memberitahukan mengenai bahwa ada loh salah satu situs berita yang menarik dan up to date yang dapat kalian kunjungi, terutama buat para pencari berita, untuk menambah (lagi dan lagi) wawasan kalian terhadap berita-berita yang muncul di sekitar kita.

Sebenarnya, berkaitan dengan menariknya animasi harian detik com tersebut, saya juga sedang mencari ide untuk membuat E-Book semenarik situs tersebut. Formatnya sih bebas, entah itu web, pdf, atau ODT. Mungkin siapapun pembaca tulisan ini mau berbaik hati untuk memberikan bantuannya atau sekedar informasi berharganya, saya terima dengan tangan terbuka. Haha =)

Hmm, kembali lagi mengenai informasi. Informasi, apapun itu, semakin sering sekali beredar di sekitar kita. Kecepatannya mungkin saja melebihi kecepatan cahaya. Ini menandakan bahwa hampir setiap harinya kita selalu berpapasan dengan yang namanya informasi. Akan lebih baik kita selalu bersikap bijak terhadap informasi yang ada.

Ingat, orang yang memiliki niat jahat itu semakin banyak. Apabila suatu saat nanti kita menerima informasi yang disebarkan oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab, langkah pertama yang HARUS kita lakukan itu adalah check and re-chek terlebih dahulu informasi tersebut. Jangan hanya sekedar reshare di Facebook atau retweet di Twitter, itu hanya akan menimbulkan keresahan belaka bagi banyak orang.

Maka akhir kata, saya berpesan, "Bijak-bijaklah terhadap setiap informasi yang kita terima. Apapun itu."

Tetap semangat untuk terus MENCARI informasi dimanapun ia berada. PELAJARI, kemudian AMALKAN.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Kaskus

3 Tingkatan Cinta dan Berbagai Bentuk Cinta

Apa itu Desk Checking? Pengecekan Meja-kah?