Baca Buku: NASIONAL.IS.ME

NASIONAL.IS.ME merupakan sebuah buku yang menceritakan kisah hidup seorang Pandji Pragiwaksono mengenai lika liku kehidupannya di negara tercinta kita, Indonesia. Pokoknya yang berhubungan dengan sisi nasionalisme, dikupas disini.


Dalam bukunya tersebut, Pandji menceritakan pengalamannya saat ia bersekolah dahulu. Ia mengenal cara pandang baru terhadap menghadapi suatu "perbedaan". Kurang lebihnya seperti ini:

"Lebih baik kita melihat perbedaan itu, mengenali perbedaan itu, dan menerima perbedaan itu bukan sebagai sesuatu yang membuat canggung, tetapi sesuatu yang harus kita terima dan kita jaga."

"Bahwa yang benar adalah bukan dijadikan SATU, tetapi dijadikan BERSATU."

Saya sangat setuju sekali. Karena biasanya kebanyakan orang selalu menyamarkan "perbedaan". Sehingga kesannya perbedaan itu "disembunyikan", malah terkadang diumbar-umbar di belakang. Akan lebih baik kita mengenali perbedaan tersebut dan tidak menjadikannya sebuah masalah sama sekali.

Tak hanya itu, ia juga menceritakan mengenai perjalanannya saat keliling Indonesia. Bagian yang ini sepertinya yang paling membuat iri. Kenapa? Tak hanya menceritakan kehidupan di kota-kota tersebut, ia juga memberikan beberapa gambar hasil jepretannya yang menunjukkan betapa indahnya pemandangan di masing-masing kota tersebut. Ah, jadi pengin kesana suatu saat nanti. Semoga saja.

Indonesia Unite. Dulu saya pernah mendengar kata-kata tersebut, namun ternyata saya baru tahu arti jelasnya dan maksudnya di buku ini. Haha ketahuan deh ketinggalan zamannya. Kalau ada yang belum tahu, penjelasan lengkapnya ada nih disini http://pandji.com/faq-iu/

Lewat buku ini juga, saya jadi tahu kalo Pandji ini adalah benar-benar seorang Rapper. Mungkin dulu saya pernah mendengarnya, tapi intinya sekarang baru percaya. Walaupun saya baru mendengar 2 lagu, tetapi ini aseli keren-keren lohh.


Kami tidak takut.. Kami tidak takut.. Kami tidak takut.. Kami tidak takut..


Angkat tanganmu untuk Indonesia...

Pokoknya buku ini recommended banget deh buat para pemuda-pemudi yang ingin menambah jiwa nasionalismenya terhadap bangsa kita, bangsa Indonesia. Rating 5 deh pokoknya.

Merdekaaaaa.

Mari berteman di Goodreads.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Kaskus

3 Tingkatan Cinta dan Berbagai Bentuk Cinta

Apa itu Desk Checking? Pengecekan Meja-kah?