Kerinduan akan Tugas Membuat Program

Sudah lama saya tidak merasakan lagi fenomena seperti sekarang ini. Dimana saya dan teman-teman sekelas mendapatkan tugas mata kuliah tertentu untuk membuat suatu program. Mungkin karena di semester ini dan kemarin, jarang sekali bapak dan ibu dosen menyuruh mahasiswanya untuk membuat suatu program. Biasanya tugasnya hanya berkaitan dengan presentasi dan presentasi. Dengan adanya tugas membuat program, semoga saja dapat menjadi angin segar, terutama bagi saya, dalam menjalani kehidupan perkuliahan yang semakin lama semakin mencekam (wow) ini.

Saya masih ingat sekali ketika lokasi kuliah saya mulai 'dipindahkan', yang tadinya di Kalimalang (Bekasi) menjadi di Simatupang (Jakarta Selatan). Awal-awal menjalani kuliah di tempat yang baru ini, perasaan saya sangat senang sekali. Coba saja tengok ruang kelasnya, tempat duduknya, dan ruangan yang begitu sejuk (alias dingin). Siapa sih yang tak senang apabila diberikan fasilitas seperti itu. Yuk, jangan lupa untuk selalu bersyukur..

Pada awal-awal semester semenjak saya kuliah di lokasi yang baru ini, saya ingat sekali akan sesuatu hal. Hampir kebanyakan bapak dan ibu dosen dari setiap mata kuliah menyuruh mahasiswanya untuk membuat suatu program. Program tersebut tentunya berkaitan dengan materi dari mata kuliah bersangkutan. Sebut saja, Pak Avinanta dalam mata kuliah Teknik Pemrograman Terstruktur, kami dituntuk untuk membuat program berbasis client server. Kemudian Pak Setia dalam mata kuliah Sistem Operasi, kami dituntut untuk membuat sebuah tools yang berguna bagi banyak orang yang dapat berjalan di sistem operasi kesukaan kami (Kami semua cinta Linux =)). Dan masih banyak lagi tugas dari beberapa dosen lainnya. Ya, tugas-tugas yang saya sebutkan tadi sudah berlalu memang. Tetapi kenangannya masih saja membekas sampai saat ini.

Masa-masa yang tak terlupakan adalah masa dimana saya mendiskusikan dengan teman satu kelompok mengenai program yang akan kami buat. Yang pada awalnya kami semua sama sekali tidak tahu, sedikit demi sedikit kami mulai menjadi tahu. Itu semua berkat riset kecil-kecilan yang kami lakukan, tentunya juga karena tugas dari dosen tersebut. Hehe.

Kemudian datanglah saat dimana kami harus mempresentasikan apa yang sudah kami pelajari dan kami buat programnya tersebut. Hasilnya terkadang sedikit berbeda dengan ekspektasi saya. Ya, tapi saya tetap bangga dengan apa yang telah saya dan teman-teman perjuangkan. Kalian memang luar biasa.

Saya jadi teringat saat mempresentasikan program yang berkaitan dengan konsep Client Server dalam mata kuliah Teknik Pemrograman Terstruktur. Betapa groginya saya kala itu. Belum lagi pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan oleh dosen yang bersangkutan, Pak Avinanta (halooo pak), yang membuat saya sedikit kelimpungan dalam menjawabnya. Yak, dicecer terussss. Hehehe.

Ini program yang wakut itu saya dan teman-teman buat. Web Server.

Entah kenapa, saya menjadi rindu terhadap tugas untuk membuat suatu program tersebut plus mempresentasikannya. Untung saja, di semester ini dalam mata kuliah Pengantar Telematika, terdapat tugas untuk membuat suatu program, yang seakan-akan menjawab kerinduan saya. Berarti ini tantangan dong, harusnya saya hadapi dengan CERDAS. Berhubung program yang dibuat adalah berkaitan dengan konsep Client Server, mungkin saya tidak akan membuat program tersebut dari awal. Rencananya saya akan memodifikasi program yang telah saya buat pada mata kuliah Teknik Pemrograman Terstruktur. Tinggal menambahkan sedikit modul dan beberapa konfigurasi, seharusnya selesai (seharusnya lohh). Ya, semoga saja tidak ada masalah dengan hal tersebut.

Mungkin masalah yang sedikit mengganjal yaitu keberadaan tugas-tugas yang (lagi-lagi) datang bersamaan. Kerjain yang mana dulu ya.. Ini dulu, itu dulu, atau semuanya sekaligus.. Bebass.. Yang penting kelar dan tinggal santai..

Comments

  1. templet blog ente masih rapihan yg sebelumnya jy

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, emang ya ndra? tapi menurut gw ini malah lebih simple. mungkin widgetnya aja ini yang agak berantakan =D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Kaskus

3 Tingkatan Cinta dan Berbagai Bentuk Cinta

Apa itu Desk Checking? Pengecekan Meja-kah?